Ahad , 13 August 2017, 19:37 WIB

Strategi TAM Kuasai Pasar Lewat Medsos

Red: Hiru Muhammad
Dok hiru muhammad
Suasana stan Toyota di  Gaikindo Indonesia International Auto Show
Suasana stan Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih dari 60 persen masyarakat Indonesia telah menggunakan saluran internet untuk mencari mobil idaman mereka. Mereka melakukan riset terlebih dahulu dan mencari sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan baik melalui website, blog, forum, maupun media sosial. 

Kondisi tersebut diyakini kalangan indusri otomotif telah memberikan pengaruh besar bagi masa depan industri otomotif nasional. Tak mengherankan bila tiap produsen menerapkan strategi komunikasi beragam untuk meraih pangsa pasar yang telah ditetapkan. Ketersediaan berbagai saluran digital  dengan informasi yang lengkap  diharapkan  semakin memudahkan pelanggan dalam memilih kendaraan  idaman. 

“Di era digital saat ini, konsumen menginginkan pengalaman yang lebih mudah dan sederhana saat ingin membeli mobil," kata Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, melalui keterangan tertulisnya dalam sebuah diskusi di sela pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show, Sabtu (12/7).

Pihaknya berkomitmen mempertahankan eksistensinya sebagai market leader  di pasar otomotif nasional dengan membentuk situs resmi resmi sejak 1996.  Bahkan di tingkat Toyota global, website Toyota-Astra Motor pun tercatat sebagai yang terbesar ketiga di dunia. Pihaknya juga mempertahikan perkembangan media sosial seperti  Facebook, Twitter, Instagram, serta Youtube. 

Saat ini, Facebook likes Toyota sudah mencapai 1,45 juta likes dan merupakan likes terbanyak di kalangan Industri otomotif roda empat di tanah air. Untuk social media lainnya, TAM juga fokus memanfaatkan Youtube dan Instagram. Saat ini, jumlah subscriber video Youtube Toyota sudah menembus 81.000 subscriber. TAM juga membentuk bagian khusus bernama E-Marketing Section, yang bertugas  menangani segala aktivitas digital TAM.