Jumat , 09 Juni 2017, 19:46 WIB

Alasan Honda tak Hadirkan Civic Hatchback Turbo Manual

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Yudha Manggala P Putra
Indian Autos Blog
Honda Civic Hatchback Turbo
Honda Civic Hatchback Turbo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Honda Civic Hatchback sudah bisa mengaspal di jalan Indonesia. Kendaraan ini tersedia dalam dua tipe, yakni E dan S. Keduanya memiliki tujuh sistem percepatan dan hanya tersedia dalam transmisi automatis di pasar Indonesia.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan, perbedaan segmen di Amerika dan Eropa dengan Indonesia menjadi alasan ketiadaan transmisi manual. Kondisi perjalanan yang terbilang padat menjadi alasan lain hatchback bermesin 1,5 CVET Turbo ini hanya tersedia dalam jenis Continuos Variable Transmission (CVT).

Jonfis mengatakan, tidak tersedianya transmisi manual lantaran adanya perbedaan minat antara pasar Amerika dan Eropa dengan Indonesia. Dia mengatakan, HPM mempertimbangkan pemakaian aktivitas sehari-hari.

Indonesia, dia menambahkan, bukan satu-satunya negara yang tidak tersedia transmisi manual. "Seluruh Asia Tenggara juga sama, tidak ada transmisi manual," kata Jonfis Fandi saat meluncurkan Civic Hatcback di Jakarta, Jumat (9/6).

Sementara, Jonfis mengatakan, Civic Hatchback turbo fokus menyasar kawula muda. Alasannya, mereka adalah orang-orang yang memiliki selera, menikmati kesenangan mengemudi, berani mengambil risiko dan mempunyai pendapatan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.

"Mereka kan dari Honda Jazz yang mau upgrade ke atas tapi belum ada, yamg tersedia hanya SUV, nah kini ada pilihan Civic Hatchback," katanya.

Seperti diwartakan sebelumnya, Honda menyajikan dua tipe Civic Hatchback yakni tipe E yang dijajakan dengan harga Rp 438 juta dan tipe S yang dibanderol tak kurang dari Rp 399 juta. Mobil ini ditawarkan dalam enam pilihan warna yakni rallye red, crystal black pearl, lunar silver metalic, white orchid pearl, sonic gray pearl, dan modern steel metalic.

Honda menargetkan Honda Civic Hatchback Turbo bisa terjual 1.500 unit selama setahun atau sekitar 125 unit per bulan yang dapat dipesan konsumen mulai bulan ini. "Kita membuat estillo terakhir 20 tahun lalu dan akhirnya memperbarui lagi jajaran hatchback melalui Civic ini dengan kemampuan yang lebih baik dan desain yang karismatik," katanya.