Selasa , 06 Juni 2017, 21:13 WIB

SUV Listrik Tesla Model X Dijual di Indonesia

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tesla/mashable
tesla model X
tesla model X

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan mobil listrik Tesla Motor akhirnya ikut meramaikan pasar Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia melalui Tesla Model X. SUV ramah lingkungan ini merupakan tipe keluaran terbaru dari pabrikan asal Amerika Serikat tersebut.

Presiden Director Prestige Image Motor, selaku importir umum (IU) Tesla, Rudy Salim mengatakan, Tesla X hadir menyusul banyaknya permintaan konsumen terkait kehadiran kendaraan SUV tersebut.  Namun untuk saat ini, Rudy mengatakan, belum bisa mengungkapkan junlah konsumen yang sudah memesan kendaraan.

"Karena baru launching hari ini jadi belum tahu tapi mulai hari ini kami sudah mulai menerima permintaan untuk inden," kata Rudy di Jakarta, Selasa (6/6).

Rudy mengatakan, saat ini hanya Tesla Model X tipe 75D yang sudah meramaikan pasar nasional. Namun bukan berarti masyarakat tidak bisa memesan Tesla X lainnya semisal 90D, 100D dan P100D. Dia melanjutkan, masa inden kendaraan Tesla X sekitar tiga bulan. "Jadi kalau pesan sekarang mobilnya datang September 2017," tambahnya.

Tesla X 75D memiliki kapasitas baterai 75 kWh. Mobil tersebut dapat melaju hingga kecepatan 210 kilometer per jam dengan jarak tempuh maksimal 380 kilometer.

Rudy mengatakan, membutuhkan waktu setidaknya tujuh jam untuk mengisi penuh daya baterai mobil dengan kapasitas listrik rumahan 10.000 kWh. Artinya, dia melanjutkan, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 130-150 ribu.

Dia mengatakan, kalau dihitung dengan jarak tempuh yang sama, mobil elektrik akan lebih hemat dibanding kendaraan berbahan bakar fosil non-subsidi yang bisa menghabiskan dana hingga 500 ribu. "Jadi jauh lebih irit aman dan nyaman. Nggak ada polusi suara dan nggak ada pencemaran lingkungan karena nggak ada ganti oli," katanya.