Ahad , 14 May 2017, 03:50 WIB

Fiat Chrysler Tarik Peredaran 1,25 Juta Truk karena Kesalahan Software

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Nidia Zuraya
Forbes
Fiat Chrysler Automobile
Fiat Chrysler Automobile

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Fiat Chrysler menarik peredaran 1,25 juta truk pick-up di seluruh dunia. Penarikan ini dilakukan setelah ditemukan adanya kesalahan perangkat lunak atau software, yang mungkin telah menyebabkan seorang tewas dan dua orang terluka dalam sebuah kecelakaan.

Kode yang salah dapat menonaktifkan kantong udara di samping dan menonaktifkan mekanisme penguncian sabuk pengaman. Truk-truk yang ditarik dari peredaran itu akan diprogram ulang.

Lebih dari satu juta truk Fiat Chrysler telah terjual di Amerika Serikat (AS). Ribuan unit lainnya terjual di Kanada, Meksiko, dan luar Amerika utara.

"Perusahaan menyadari, adanya satu korban tewas dan dua orang luka-luka, mungkin terkait masalah ini," kata Fiat Chrysler, dalam sebuah pernyataan, dikutip BBC.

Perusahaan itu menambahkan, sebuah penyelidikan mengidentifikasi bahwa masalah software tersebut dapat memicu dampak yang lebih besar. Penarikan akan dimulai pada akhir Juni untuk truk tipe 2013-16 Ram 1500, 2013-16 Ram 2500, dan 2014-2016 Ram 3500.

Bagi pengguna yang telah terlanjur membeli, mereka dapat menghindari masalah dengan mematikan kendaraan dan kemudian menghidupkannya lagi, jika lampu peringatan aktif karena terjadi error.

Berita Terkait