Selasa , 18 April 2017, 14:14 WIB

Spesifikasi Lengkap Suzuki Ignis

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Republika/Rossi Handayani
Suzuki Ignis.
Suzuki Ignis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suzuki lndomobil Sales (SIS) memperkenalkan kendaraan teranyar, di kelas Sport Utility Vehicle (SUV), Ignis, di Jakarta, Senin (17/4). Pada saat peresmian, Product and Accessories Development Section Head SIS, Yulius Purwanto menjelaskan sejumlah spesifikasi yang dimiliki Suzuki Ignis.

Suzuki Ignis memiliki mesin bertipe K12M dengan konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT, yang andal digunakan dalam hal performa, dengan kapasitas 1.197 cc. Selain itu, Ignis mempunyai efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

"Suzuki Ignis dengan mesin ringan bermaterial alumunium, menghadirkan mesin 83 PS pada 6.000 RPM, dan kekuatan torsi mencapai 113 NM pada 4.200 RPM," ungkap Yulius di Jakarta, Senin (17/4).

Dari segi transmisi, Ignis mengakomodir pengendara yang menuntut efisiensi bahan bakar, dengan pilihan transmisi manual lima percepatan. Sedangkan pengendara yang lebih menginginkan kepraktisan, terdapat pilihan perpindahan AGS. Transmisi ini memungkinkan pengendara bisa lebih mudah melaju di kepadatan lalu lintas, tanpa mengesampingkan performa, yang bisa dioperasikan secara manual untuk akselerasi.

Eksterior desainnya didukung penggunaan fitur komponen terkini, yakni lampu depan LED Projector, dan Daytime Running Light untuk tipe GX. Selain itu, sudah tersematkan lampu kabut yang dihiasi chrome.

Kelebihan pengunaan lampu LED pada Suzuki Ignis, menjanjikan usia pakai lebih lama, dan awet. Teknologi LED juga turut memaksimalkan pandangan pengendara ke depan, sehingga memberikan perasaan aman saat malam hari. Begitu pula pada bagian high mount stop lamp.

Karakter SUV Suzuki ditampilkan pada bagian wajah Ignis, melalui kotak kecil-kecil pada bagian grill. Fender garnish pada bagian sisi kanan, dan kiri mobil, serta pilar C, disematkan slitlike design, mengesankan mobil ini bergerak cepat meski dalam keadaan diam. Pada bagian belakang, diperkuat melalui flare fender, dan rear bumper garnish yang melintang horizontal berwarna hitam.

"Pilihan warna untuk Suzuki Ignis GL ada enam warna yakni Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, Uptown Red Pearl, Tinsel Blue Pearl Metallic dan Glistering Grey Metallic. Sedangkan untuk GX disuguhkan tujuh pilihan warna, Silky Silver, Midnight Black Pearl, Arctic White Pearl, Glistering Grey Metallic, Dual Tone Uptown Red Pearl & Midnight Black Pearl, Dual ToneTinsel Blue Pearl & Midnight Black Pearl dan Dual Tone Tinsel Blue Pearl & Arctic White Pearl," papar Yulius.

Pada interiornya, warna sesuai eksterior juga ditemui pada bagian doortrim dan juga konsol tengah. Jok pengendara, dan penumpang depan tampil sporty, model bucket seat, dengan head rest yang dapat diatur ketinggiannya.

Lingkar kemudinya sudah tersemat kontrol tombol untuk Multi Information Display (MID), audio, serta terkoneksi dengan ponsel untuk menerima, dan menolak panggilan telepon. Begitu juga dengan sudut kemudi dapat pula disetel untuk meningkatkan kenyamanan.

Di balik kemudi, pengendara bisa lebih jauh mengetahui kondisi kendaraan, karena terpantau melalui meter cluster. Pengendara akan mudah mendapat informasi tentang baterai aki, immobilizer, power steering, ABS, hand brake, oil indicator, RPM meter, Speedometer, Safety Belt, hingga Airbag.

Ignis menghadirkan berbagai fitur fungsional, dan ergonomis yang membuat pengendara, dan penumpang kabin lebih nyaman selama berada di dalam kabin. Berbagai fungsional dihadirkan untuk mampu memuat barang di bagian depan dengan diakomodir melalui glove box, center console tray, dua cup holder, serta adapula rear console cup holder.

Pada bagian pintu depan, juga terdapat ruang untuk menyelipkan majalah dan juga bottle holder. Pintu kanan, dan kiri belakang juga terdapat bottle holder, serta terdapat front seat back pocket, yang terdapat pada bagian punggung jok penumpang belakang.

Kemampuan memuat barang di bagian belakang Suzuki Ignis mulai dari 267 liter, ketika semua jok tegak berdiri. Ketika jok belakang dilipat, konfigurasi 60:40 bisa mencapai 469 liter. Dengan melipat jok belakang seluruhnya dapat menyediakan 947 liter.