Sabtu 15 Apr 2017 21:25 WIB

Saat Kecelakaan, Perempuan Cenderung Panik

Perempuan mengemudi
Foto: pixshark
Perempuan mengemudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat terjadi kecelakaan, para perempuan umumnya panik dan tak jarang justru menginjak pedal gas. Hal itu dilakukan seringkali dikarenakan alih-alih menginjak pedal rem.

"Perempuan lebih panik saat kecelakaan, malah nge-gas," ujar Product Knowledge Department PT Toyota Astra Motor (TAM) Tommy Hermansyah di Jakarta, belum lama ini. Oleh karena itu, beberapa orang memilih kendaraan yang dilengkapi fitur break assist (BA).

Fitur ini membantu pengemudi menambah daya pada pengereman saat keadaan darurat, sehingga mengurangi jarak pengereman. "Brake assist membantu saat kita menekan rem, ada tambahan power. Oleh karena itu, apabila diperhatikan saat pengemudi menginjak rem, dibantu lebih keras," kata Tommy.

Cara menguji kendaraan memiliki BA atau tidak, cukup sederhana. Pengemudi tinggal menyentuh sedikit saja pedal rem. Apabila sentuhan sedikit saja berpengaruh banyak pada rem, maka kendaraan itu memiliki BA. "Kalau saat nge-rem, kaki nyenggol rem dikit, mobil padat rem-nya, berarti dalam mobil itu ada break assist-nya dan safety," pungkas dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement