Senin , 20 Maret 2017, 14:39 WIB

Pasar Otomotif Indonesia Tumbuh Positif

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
Toyota Fortuner
Toyota Fortuner

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri Otomotif Indonesia sudah semakin menuju arah yang lebih positif. Perkembangan itu terbukti dengan peningkatan pembelian mobil lima persen secara pasar dari tahun lalu.

"Kita sendiri bersyukur 19 persen volumennya meningkat, artinya momentum peningkatan pasar ini harus terus dirawat," kata PR Manager PT Toyota Astra Motor Rouli Sijabat belum lama ini. Melihat perkembangan yang baik, TAM ingin terus merangsang agar pasar otomotif terus terjaga.

Jika itu terus dipertahankan, maka industri otomotif semakin tahun akan bertumbuh dengan baik. "Kalau tahun lalu kita keluarkan kejutan, ada Fortuner, Sienta, dan Calya, itu bikin jadi pasar tumbuh," kata Raouli.

Dengan merilis tipe baru ini membuat pasar juga bertumbuh. Sebab terdapat dua segmen baru yang dibuka, seperti Calya yang mengisi segmen di bawah Avanza dan Sienta yang mengisi segmen di antara Avanza dan Innova.

Meski segmen MPV masih menjadi primadona, Rouli melihat jika Toyota akan mencoba menangakap segmen hatchback dan SUV. Dengan menangakap segemen lain dinilai menjadi salah satu cara menjaga pasar tetap positif terus-menerus.