Selasa 28 Feb 2017 14:25 WIB

Honda Andalkan Produksi Jazz dan Mobilio

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Honda Jazz
Foto: TST
Honda Jazz

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG - Mulai beroperasi sejak Februari 2003 silam, pabrik Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang, Jawa Barat mencetak produksi satu juta unit pada Februari tahun ini. Pencapaian tersebut setelah HPM meningkatkan lebih banyak investasi terhadap pabriknya, termasuk menambah jumlah pabrik pada 2012.

Direktur Marketing & Aftersales HPM, Jonfis Fandi mengatakan dari pencapaian tersebut, produksi Jazz dan Mobilo mendominasi pasar Indonesia. "Honda Jazz sekitar 27 persen dan Mobilo mungkin 17 persen," ujarnya di Karawang, Jawa Barat, Senin (27/2).

Baca juga: Ekspansi ke Indonesia, Honda Siapkan Investasi Rp 4,8 Triliun

Menurutnya, sejak meresmikan pabrik keduanya pada Januari 2014, HPM mulai meningkatkan kapasitas produksinya hingga maksimal 200ribu unit per tahun. Sedangkan, penjualannya sampai Desember tahun lalu mencapai 199,364 unit. Tercatat, ada beberapa model yang diproduksi oleh HPM, seperti Honda Mobilo, BR-V, HR-V, Jazz, Brio Satya, Brio RS dan CR-V.

Selain itu, Jonfis juga mengatakan saat ini HPM mengeskpor komponen-komponen seperti engine block dan cylinder head dari beberapa produknya. "Kami berhasil ekspor ke negara-negara Asia termasuk Jepang, Brazil, Argentina, Vietnam dan Thailand," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement