Selasa 17 Jan 2017 08:04 WIB

Indonesia Salah Satu Kontributor Terbesar Penjualan Toyota

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Hiroyuki Fukui, memperknalkan dua produk terbaru dari Toyota yaitu, New Corolla Altis dan Toyota New Venturer di Jakarta, Senin (16/1).
Foto: Republika / Darmawan
President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Hiroyuki Fukui, memperknalkan dua produk terbaru dari Toyota yaitu, New Corolla Altis dan Toyota New Venturer di Jakarta, Senin (16/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Toyota Astra Motor (TAM) berhasil merebut perhatian masyarakat Indonesia melalui produk-produk yang ditawarkan setiap tahunnya. Agen Pemegang Merek (APM) ini pun kerap menyandang predikat sebagai pemimpin pasar di tanah air.

Toyota Indonesia setiap tahunnya memang tidak lepas dari komitmen untuk senantiasa menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan masyarakat. Karena itu tak heran, selama lebih dari empat dekade eksistensi di pasar otomotif nasional, Toyota pun berhasil mengakumulasi penjualan sebanyak lima juta unit.

Tahun 2016 menjadi tahun yang penting bagi Toyota Indonesia, karena berhasil membukukan kinerja yang positif jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya, dan tetap menjadi market leader. "Prestasi ini juga memberikan kontribusi terhadap kinerja Toyota Global di mana posisi Toyota Indonesia kini menjadi sangat penting bagi Toyota Motor Corporation, karena Indonesia telah menjadi salah satu kontributor terbesar penjualan Toyota global setelah Jepang, Amerika Serikat dan Cina," kata Hiroyuki Fukui, Presiden Direktur TAM, Senin (16/1).

Seiring dengan penerapan prinsip Toyota Let's Go Beyond yang dicanangkan TAM dari 2015 lalu, TAM makin memantapkan posisinya sebagai pemimpin pasar. Sampai akhir tahun lalu, Toyota berhasil mencapai pertumbuhan penjualan sebesar 19 persen dengan total penjualan ritel lebih dari 389 ribu unit. Dengan angka ini Toyota berhasil mencapai pangsa pasar atau market share lebih dari 36 persen.

Baca juga: Toyota Indonesia Capai Penjualan 389.242 Unit pada 2016

"Semua Itu kami capai berkat kepercayaan, dan dukungan pelanggan setia dan untuk itu kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dengan tetap mempertahankan komitmen untuk memberikan yang terbaik," kata Henry Tanoto, Wakil Presdir TAM.

Pencapaian hasil postitif di 2016 mendorong Toyota Iebih giat lagi untuk membukukan kinerja yang lebih baik sepanjang 2017. Apalagi pada tahun ini kompetisi di industri maupun pasar otomotif nasional diperkirakan akan semakin ketat. Selain itu, kebutuhan, permintaan, dan ekspektasi pelanggan terhadap produk, teknologi, dan layanan Toyota pun semakin tinggi, serta beragam.

Untuk mencapai tujuan tersebut, dengan tetap meneruskan komitmen Beyond Product, Beyond Technology dan Beyond Service. Toyota akan menghadirkan produk-produk baru, atau melakukan improvement model dengan sentuhan lokal dan tetap mengedapankan high technology.

Selain itu, Toyota juga akan makin memfokuskan layanan prima bagi pelanggan, termasuk melalui upaya pengembangan dan perluasan jaringan outlet resmi Toyota guna memberikan kemudahan akses terhadap produk, teknologi, dan aftersales service kepada pelanggan. "Kompetisi di pasar otomotif yang semakin ketat membuat Toyota juga akan menghadapi tantangan yang semakin besar ke depannya. Namun melalui produk-produk terbaru yang berlandaskan semangat Toyota Let's Go Beyond, kami berharap dapat membukukan kinerja yang baik dengan market share minimal 35 persen," ujar Henry Tanoto.

Baca juga: Toyota Hadirkan Unit Teratas Innova, New Venturer

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement