Rabu 14 Dec 2016 01:48 WIB

Google Dirikan Perusahaan Baru Kembangkan Mobil Kemudi Otomatis

Rep: Santi Sopia/ Red: Nur Aini
Mobil kemudi otomatis Google
Foto: chinadaily
Mobil kemudi otomatis Google

REPUBLIKA.CO.ID,CALIFORNIA -- Raksasa teknologi internet, Google Inc mengumumkan perusahaan baru bernama Alphabet Inc's (GOOGL.O) untuk menaungi proyek mobil otonom alias mobil tanpa pengemudi. Perusahaan baru ini disebut menjadi entitas independen untuk proyek mobil otonom atau yang disebut Waymo tersebut.

"Kami sekarang memiliki perusahaan independen dalam payung Alphabet," kata John Krafcik, CEO proyek Waymo dalam konferensi pers di California, dilansir Reuters, Selasa (13/12).

CEO Waymo itu juga menjelaskan pengumuman ini sekaligus membuktikan kematangan teknologi yang ditawarkan Google. Menurutnya, mobil otonom Google juga telah diuji coba dalam jarak tempuh tiga juta mil dengan rata-rata sekitar 25 ribu mil per pekan.

Dalam jumpa pers, para wartawan juga diberi kesempatan tes mengemudi mobil tanpa setir kemudi dan pedal gas tersebut. Adapun dengan adanya perusahaan baru itu, diharapkan mampu terus mengoptimalkan pengembangan mobil otonom itu sendiri.

"Kita bisa membayangkan teknologi mengemudi sendiri yang digunakan di segala macam bidang," katanya lagi.

Sudah ada beberapa mobil yang dijadikan sebagai pilot project mobil otonom Google. Sedangkan menurut situs The Information, Google juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan otomotif untuk mengembangkan mobil otonom itu, tapi tidak membuang roda kemudi dan kontrol pedal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement