Jumat 14 Oct 2016 19:27 WIB

GIIAS Surabaya Sukses Gairahkan Pasar Otomotif di Jawa Timur

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
GIIAS
Foto: Google
GIIAS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksanaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya Auto Show 2016 di Grand City Convex pada 28 September-2 Oktober 2016 terbilang sukses. Sejumlah indikator yang menunjukkan kesuksesan pameran otomotif, bisa terlihat dari total jumlah pengunjung, dan transaksi yang terjadi selama lima hari digelarnya GIIAS Surabaya Auto Show 2016.

Selama lima hari berlangsungnya pameran, jumlah pengunjung yang datang tercatat mencapai 34.362 orang, berhasil melampaui target yang disasar panitia untuk tahun ini. Bahkan, total jumlah pengunjung GIIAS Surabaya 2016 tercatat melampaui 2015 lalu, sebanyak 30.298 orang.

Adapun GIIAS Surabaya 2015 dan 2016, membuktikan bahwa gairah pasar Jawa Timur akan industri otomotif masih sangat besar. Bagi Gaikindo, Seven Events, dan A1R Events selaku pelaksana pameran, melihat bahwa keberhasilan pameran tidak hanya dilihat dari segi pencapaian jumlah transaksi, namun seberapa jauh GIIAS dapat turut menyebarkan informasi mengenai perkembangan industri otomotif, dan pendukungnya.

 

Direktur A1R Events, Yusuf Karim Ungsi mengungkapkan rasa syukurnya terhadap kelancaran pelaksanaan GIIAS Surabaya Auto Show 2016, “Tahun depan GIIAS Surabaya Auto Show akan kembali dengan inovasi baru dan berbagai rangkaian program acara lebih seru,” ujar Yusuf.

 

Akhir pekan lalu, menjadi hari apresiasi bagi mereka yang telah berusaha menampilkan yang terbaik, kepada pengunjung GIIAS Surabaya. Tidak heran, panitia mencoba mengapresiasikan penampilan terbaik dari para peserta. Favorite Car, Favorite Booth, Favorite Activity Booth, Awarding Test Drive dan penghargaan 4x4 Challenge selalu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu bagi para peserta GIIAS Surabaya Auto Show.

Kategori Favorite Car GIIAS Surabaya Auto Show 2016 diraih oleh Suzuki Jimny sebagai Juara Ketiga, HR-V Mugen sebagai Juara Kedua, dan Mitsubishi XM Concept sebagai Juara Pertama. Favorite Booth terbagi menjadi dua Kategori, yaitu Kategori Favorite Booth lebih dari 200 meter persegi, dan Kategori Favorite Booth kurang dari 200 meter persegi.

Pemenang Favorite Booth lebih dari 200 meter persegi yakni, juara ketiga diduduki oleh booth Mitsubishi Motors, juara kedua booth Toyota dan juara pertama diraih oleh booth Honda. Para pemenang favorite booth kurang dari 200 meter persegi adalah, booth Mazda menduduki juara Ketiga, booth Lexus ada diurutan kedua dan, sebagai booth favorite ditempati oleh Isuzu.

Selain itu, penghargaan lain adalah favorite activity booth yang dimenangkan oleh Pertamina sebagai Juara Pertama, Suzuki sebagai Juara Kedua, dan Isuzu sebagai Juara Ketiga. Awarding test drive pilihan pengunjung dimenangkan oleh Toyota All New Sienta sebagai Juara Pertama, Mitsubishi All New Pajero Sport sebagai Juara Kedua, dan Daihatsu Sigra sebagai Juara Ketiga.

Penghargaan untuk 4x4 challenge juga diadakan, dan diraih oleh Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 sebagai Juara Pertama, Nissan Navara sebagai Juara Kedua dan Isuzu D-Max sebagai Juara Ketiga. Hingga hari terakhir penyelenggaraan GIIAS Surabaya Auto Show 2016, tercatat transaksi penjualan mobil sebanyak 1.392 unit, senilai Rp 386 miliar.

Pencapaian ini patut dibanggakan karena kembali menegaskan posisi dan potensi dari pasar Jawa Timur. Sebagai pembanding, total transaksi penjualan mobil di GIIAS Surabaya Auto Show 2015 mencapai 1.193 unit dengan nilai sekitar lebih dari Rp 322 miliar, dengan pencapaian GIIAS Surabaya Auto Show 2016 mencatatkan kenaikan sebesar 14,2 persen.

 

Pencapaian ini menegaskan kembali keyakinan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf yang pada sambutannya di opening ceremony GIIAS Surabaya Auto Show 2016 (28/9) lalu, menyampaikan rasa bangganya terhadap pencapaian GIIAS Surabaya Auto Show 2016 yang mampu menunjukan bahwa potensi pasar Jawa Timur masih cukup menjanjikan.

 

Setelah sukses terlaksana di Surabaya, Gaikindo akan melanjutkan kegiatan rangkaian Auto Show di tahun depan. Ditutupnya rangkaian GIIAS 2016 semakin membuktikan eksistensi dari Gaikindo, sebagai pameran berskala internasional yang digelar setiap tahunnya. 

 

Pada 2017 mendatang, Gaikindo telah mengagendakan gelaran GIIAS pada 10-20 Agustus 2017. Sementara untuk GIIAS Surabaya 2017 digelar 20– 4 September 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement