Rabu 28 Sep 2016 10:14 WIB

BMW Manfaatkan Baterai Bekas Mobil Listrik

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Winda Destiana Putri
Mobil Listrik
Foto: VOA
Mobil Listrik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang terjadi pada baterai mobil elektrik ketika sudah tidak digunakan lagi? BMW baru-baru ini mendapatkan cara untuk memanfaatkan kembali baterai mobil elektrik yang sudah habis.

Baterai tersebut akan digabungkan untuk menjadi penyimpanan daya yang bisa digunakan sebagai sumber listrik seperti dikutip dari Digital Trends, Selasa (27/9).  Ketika baterai lithium-ion tak bisa lagi menampung tenaga untuk menjalankan kendaraan, ternyata ia masih memiliki kegunaan lain.

Menurut Pusat Energi Berkelanjutan (CSE), baterai lithium-ion rata-rata bisa digunakan untuk kendaraan selama delapan hingga 10 tahun. Setelah itu, penggunaan kedua bisa menekan biaya yang ditanggung konsumen dan perusahaan.

BMW dan Bosch Energy Storage Solutions menggabungkan 2600 baterai yang sudah terpakai dari 100 kendaraan. Mereka membuat 2,8 mWh sistem penyimpanan di stasiun pengisian listrik Vattenfall di Hamburg, Jerman. Modul baterai yang digabungkan dipasang sebagai sumber energi ekstra untuk kebutuhan di periode-periode sibuk.

"Daya tersebut bisa memberikan pasokan listrik untuk rumah tangga biasa dengan dua orang selama tujuh bulan," bunyi pernyataan resmi dari Bosch.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement