Sabtu 10 Sep 2016 19:00 WIB

Penjualan Mobil di Cina Melonjak 24,2 Persen

Sebuah mobil keluaran General Motors (GM) dipajang di sebuah toko dealer di Cina
Foto: New York Times
Sebuah mobil keluaran General Motors (GM) dipajang di sebuah toko dealer di Cina

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Penjualan mobil di Cina dilaporkan tumbuh lebih cepat pada Agustus. Pasar mobil di negara ini merupakan yang terbesar di dunia dan krusial bagi produsen di seluruh dunia.

Seperti diungkap Asosiasi Produsen Mobil Cina (Cina Association of Automobile Manufacturers/CAAM), penjualan di Negeri Tirai Bambu menembus 2,07 juta unit bulan lalu, naik 24,2 persen dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya

Baik pertumbuhan maupun penjualan melampaui angka Juli ketika penjualan kendaraan melambung 23 persen menjadi 1,85 juta unit.

Pertumbuhan penjualan mobil melonjak selama empat bulan terakhir di Cina, saat ekonomi menunjukkan tanda-tanda stabilisasi. Tolok ukur resmi aktivitas manufaktur rebound ke tingkat terkuatnya dalam hampir dua tahun pada bulan lalu, sementara harga produsen Cina anjlok pada tingkat terlambatnya dalam lebih dari empat tahun.

Data CAAM menunjukkan, penjualan mobil penumpang dengan mesin lebih kecil dari 1,6 liter, yang menyumbang lebih dari 70 persen dari total penjualan, melonjak 40,7 persen menjadi 1,29 juta.

Pemerintah Cina mengurangi pajak pembelian untuk mobil penumpang bermesin kecil pada Oktober tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement