Jumat , 12 August 2016, 21:28 WIB

Kiat GM Indonesia Pertahankan Pasar di Tanah Air

Red: Hiru Muhammad
dok hiru muhammad
Melayani komunitas dan pelanggan menjadi strategi GM dalam mempertahankan pasarnya di tanah air
Melayani komunitas dan pelanggan menjadi strategi GM dalam mempertahankan pasarnya di tanah air

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas tampaknya menjadi faktor penting bagi Chevrolet dalam mempertahankan pangsa pasarnya ditanah air. Apalagi dengan kian ketatnya persaingan dari produk kompetitor yang juga menampilkan produk unggulan mereka. 

Hingga kini, pihak General Motors Indonesia yang memasarkan kendaraan Chevrolet di tanah air, masih terus menggarap pasar komunitas yang terus tumbuh. " Kita lihat konsumen Chavrolet sudah lebih dari 1000 anggotanya," kata Yuniadi H. Hartono, Public Relations and External Affairs Director, Kamis disela ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (11/8) .

Pihaknya tampak serius dalam memanjakan konsumennya itu. Nama besar Chevrolet yang telah hadir secara konsisten sejak 1980an melalui produk Trooper, Blazer di era 1990an terus diupayakan untuk dipertahankan. Selain itu, pihaknya terus mengembangkan kemampuan sumber daya manusia (SDM)   "Kami ingin memuaskan pelanggan," katanya. 

Pasar otomotif sendiri terus bergerak dari sedan, berkembang ke arah sport utility vehicle (SUV) hingga kini. Hingga kendaraan kelas SUV itu menjadi produk unggulan GM Indonesia melalui produk Captiva, selain produk lain seperti Spin, Orlando ataupun Spark. 

Terakhir, GM Indonesia menghadirkan  Chevrolet Trak yang ditujukan bagi eksekutif muda yang dinamis. Membidik kelas kompak SUV menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mendambakan kendaraan SUV dengan kapasitas mesin dan bodi yang tidak besar. "Ini momentum baik buat SUV," kata Yuniadi. 

Dalam ajang GIIAS di Indonesia Convention Exhibition (ICE) kali ini, PT GM Indonesia menampilkan All New Captiva, Trailblazer. Keduanya menjadi andalan GM dalam merebut pasar SUV di Asia Tenggara.