Kamis 31 Mar 2016 22:04 WIB

Kia New Sportage and Optima Raih Best Design dari Red Dot

Kia New Sportage.
Foto: Kia
Kia New Sportage.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kia Motors mmemperoleh dua penghargaan pada Red Dot Awards untuk kategori desain produk. Red Dot Awards merupakan salah satu kompetisi desain produk internasional yang paling bergengsi yang dinilai oleh 41 juri ahli desain dari seluruh dunia.

SUV Compact Kia New Sportage dan Optima sedan meraih penghargaan Red Dots. Panel juri independen bahkan memberi Kia Optima penghargaan Best of The Best. Dalam kompetisi, penghargaan ini diberikan untuk apresiasi atas desain paling inovatif pada kategori yang ditentukan.

Generasi terbaru dari Optima dan bestseller Kia di Eropa, Kia Sportage, baru saja diluncurkan secara global awal tahun ini. Penghargaan serupa juga telah didapat oleh kedua model ini di ajang Red Dot Awards. Kia Sportage dan Kia Optima generasi sebelumnya juga pernah meraih Red Dot Awards di tahun 2011. Saat itu, Optima juga mempertahankan juara “The Best of The Best”.

Peter Schreyer, President and Chief Designer Kia Motors Corporation dan Hyundai Motor Group mengatakan tim desain internasional memiliki alasan untuk bangga akan penghargaan terbaru ini. "Ini merupakan pencapaian istimewa untuk mengembangkan desain sebelumnya, model yang telah mendapatkan penghargaan, dimana desain terbaru pun dapat meyakinkan para juri dari kompetisi desain global yang bergengsi dan dihormati ini," ujar dia.

Kia New Optima dikembangkan oleh tim desain Kia Internasional di Namyang (Korea), Irvine (California, Amerika Serikat), dan Frankfurt (Jerman), di bawah arahan kreatif Peter Schreyer, yang juga bertanggung jawab pada desan Kia Optima generasi sebelumnya.

Sementara, desain baru dari Kia Sportage dikembangkan di bawah kepemimpinan Kia Design Center Eropa di Frankfurt dengan dukungan dari Pusat Desain Kia di Namyang dan Irvine. Perubahan yang paling mencolok dengan desain eksterior adalah khas ‘wajah’ baru dari SUV kompak. Lampu yang digunakan untuk membentuk sebuah visual signature Kia, gril “tiger-nose” yang terlihat seperti terpisah dari gril nya, membuat tampilan depan lebih luas dan lebih stabil. Kedua model tersebut tersedia dalam dua varian dengan mesin bensin dan diesel.

Sejak tahun 2009, ketika generasi pertama Kia Soul meraih penghargaan sebagai pabrikan otomotif pertama yang memenangkan kompetisi ini, tim desain Kia berhasil meraih total 15 Red Dot Awards. Sekarang di tahun 2016, setiap jajaran model baru Kia telah mendapatkan Red Dot.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement