Sabtu 06 Feb 2016 18:20 WIB

Strategi yang Diusung Suzuki pada 2016

Suzuki New Ertiga
Suzuki New Ertiga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agen tunggal pemegang merek kendaraan Suzuki di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales, berusaha memandang tahun 2016 dengan optimisme meski raupan pangsa pasar mereka turun ke level 11,9 persen pasar otomotif domestik pada 2015.

Suzuki menyoroti sedikitnya dua catatan positif di 2015 yakni keberhasilan Ertiga mempertahankan pangsa pasar 13-14 persen di tengah persaingan ketat segmen Low MPV serta lini pick up, APV dan Futura, yang tetap merajai segmen tersebut engan meraup 43 persen pangsa pasar.

Di sisi ekspor, Suzuki juga mencatatkan pertumbuhan positif pada 2015 dengan total ekspor unit utuh atau completely built up unit (CBU) sebanyak 17.762 unit dan ekspor unit terurai atau completely knock down (CKD) sejumlah 8.376 unit hingga secara keseluruhan angka ekspor mereka mencapai 25.248 unit atau naik sebesar 3,5 persen dibanding 2014.

Khusus untuk Ertiga, telah diekspor secara CBU ke empat negara yakni Brunei Darussalam, Filipina, Thailand dan Vietnam, dengan penambahan Malaysia sebagai negara tujuan ekspor pada 2016 yang ditargetkan mencapai volume pengiriman 1.500 unit per bulan.

Oleh karena itu, Suzuki mengusung strategi bisnis pada 2016 dengan tema "Year of More".

"Intinya kami harus lebih pandai dalam berkompetisi, melayani lebih cepat dibandingkan pesaing, lebih dalam untuk urusan menganalisa data dibandingkan pesaing dan diharapkan dapat membukukan performa yang lebih tinggi dibanding para pesaing," kata Deputy Managing Director Kendaraan Roda Empat SIS, Davy J. Tuilan, dalam sesi paparan media awal tahun di Jakarta, Jumat.

Empat produk baru Suzuki telah meluncurkan varian tertinggi Ertiga, yakni Dreza, pada Januari 2016, namun Davy mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan tiga produk lain yang akan diperkenalkan sepanjang tahun ini

"Jadi setelah Ertiga Dreza di kuartal I, kami akan meluncurkan tiga produk baru lagi. Sebuah Mini SUV pada kuartal II, Medium SUV pada kuartal III dan hatchback pada kuartal IV," kata Davy, yang tidak mau mengungkapkan lebih lanjut model apa saja yang disiapkan tersebut.

Melihat linimasa tersebut, besar kemungkinan Suzuki akan meluncurkan dua dari tiga mobil baru itu di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2016 yang akan berlangsung 7-17 April dan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 pada 11-21 Agustus mendatang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement