Kamis 28 Jan 2016 13:47 WIB

Mengapa Avanza Lebih Laku Dibanding Xenia?

Rep: Rossi Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Avanza
Foto: .
Avanza

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil Toyota Avanza menjadi mobil yang paling laris di Indonesia selama 2014 dan 2015. Mobil kelas MPV yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu ini dipasarkan dalam dua merek yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Keduanya tak jauh berbeda, namun kebanyakan konsumen lebih memilih Avanza daripada Xenia. Head Product I & II Departement Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Priyo Wiaksono mengungkapkan, alasan mobil Toyota Avanza lebih menarik hati perhatian masyarakat.

"Di Indonesia itu kan brand minded. Mobil Toyota seperti Kijang sudah terus tertanam," kata Priyo.

Berdasarkan data PT ADM, pada 2015 penjualan mobil Avanza telah mencapai 133 ribu unit, sedangkan Xenia berada di posisi ketujuh dengan 35 ribu unit. Sementara pada penjualan 2014, Toyota Avanza mencapai 163 ribu unit dan Xenia di peringkat keenam sebanyak 46 ribu unit.

Sementara itu selama 2015 mobil lainnya yang mendominasi, yakni Toyota Agya dengan 56 ribu unit. Honda Mobilio 46 ribu, Innova 45 ribu, Ayla 36 ribu dan HRV 36 ribu secara bertuut-turut dari peringkat kedua hingga enam.

baca juga:

Hasil Penyidikan Terbaru Kasus Skandal Volkswagen

Gaikindo Prediksi Penjualan Mobil Tembus 1 Juta Unit

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement