Senin 25 Jan 2016 12:22 WIB

Mobil Listrik Tesla tidak akan Dijual Melalui Dealer

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
Sebuah Tesla Model X mengambil penumpang selama acara Tesla di Palo Alto, California 14 Oktober 2015. (REUTERS / Beck Diefenbach)
Sebuah Tesla Model X mengambil penumpang selama acara Tesla di Palo Alto, California 14 Oktober 2015. (REUTERS / Beck Diefenbach)

REPUBLIKA.CO.ID, Pekan ini Tesla membuat pernyataan yang berapi-api bahwa akan menjual mobil listrik secara langsung ke konsumen dan tidak membutuhkan dealer. Keputusan ini diambil pada rapat Federal Trade Commision yang digelar pekan lalu.

Keputusan menjual langsung kepada konsumen dinilai lebih efektif untuk mempercepat transisi dunia untuk transportasi berkelanjutan. Pengacata Tesla Todd Maron mengemukakan beberapa alasan tidak perlu bagi Tesla untuk menjual mobil listrik melalui dealer.

"Misi kami adalah cukup spesifik. Hal ini untuk mempercepat transisi dunia untuk transportasi berkelanjutan," kata dia, seperti dilansir LeftLaneNews.

Dealer tradisional fokus pada harga, bukan mendidik pembeli tentang teknologi baru. Sementara, menurut Tesla, memperkenalkan mobil listrik kepada konsumen jauh lebih penting dibandingkan sekadar angka-angka penjualan. Untuk memperkenalkan mobil ini, Tesla perlu memiliki toko di mal atau di pusat perbelanjaan di perkotaan agar masyarakat tidak asing dengan teknologi baru ini.

Maron terus menyiratkan bahwa Tesla dan dealer tradisional memiliki konflik kepentingan karena kebanyakan dealer menjual mobil bertenaga bensin. Menurut Tesla, kendaraan listrik sangat penting demi kelestarian bumi. Kendaraan listrik memiliki kinerja tinggi, lebih efisien, dan lebih aman daripada mobil bertenaga gas.

baca juga:

Wajah Baru Audi Q7

Bocoran Tampilan Mobil Baru Jaguar F-Type SVR

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement