Selasa 01 Dec 2015 10:16 WIB

Mobil Google Bisa Berteriak

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Dwi Murdaningsih
Mobil Google
Mobil Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil tanpa pengemudi buatan Google kini dilengkapi sensor ketika pejalan kaki menghalangi jalannya. Sensor ini mirip sirine tetapi dengan teriakan. Dilansir dari Daily mail mobil ini akan dilengkapi dengan layar dan speaker untuk berkomunikasi dengan pejalan kaki. Sehingga mobil tersebut akan mengetahui jika ada orang yang berada di depan atau dekat dengannya.

(baca juga Terlalu lambat, mobil Google dihentikan polisi)

Sebuah layar nantinya akan dipasang di pintu atau kap mesin lengkap dengan tampilan teks. Speaker yang terpasang nantinya akan menyuarakan dari teks yang muncul di layar. Speaker tersebut juga dapat mengeluarkan suara lain. Selain speaker dan layar, Google juga berencana melengkapi mobil dengan lengan robot dan mata untul mengirimkan sinyal pejalan kaki.

(Baca juga Mobil Google lebih sensitif di sekitar anak-anak)

Google meperkenalkan mobil tanpa pengemudi saat acara Halloween beberapa waktu lalu kepada anak-anak. Mereka menambahkan fitur ketika dekat dengan pejalan kaki. Mobil ini juga dilengkapi dengan mata dan lengan robot. Mata ini berfungsi melihat pejalan kaki dan memperingatkan mereka bahwa mobil dapat melihat mereka.

(baca juga Mobil Google tak miliki wiper)

Lengan robot berfungsi untuk menghalau pejalan kaki dari jalur mobil agar segera menyebrang. Sementara itu layar yang dipasang di pintu atau kap bisa berkedip dan memunculkan teks stop, safe cross atau tanda lalu lintas lain.

Saat ini Google telah melakukan test drive hingga 100 ribu mil tanpa kecelakan. Mereka optimis kendaraan ini dapat digunakan dengan aman.

Berita lainnya

Adu cepat teknologi mobil kemudi otomatis

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement