Senin 30 Nov 2015 06:35 WIB

Ajang Balap Mobil Kemudi Otomatis Masuk Formula E

Rep: MgROL49/ Red: Dwi Murdaningsih
mobil Google
Foto: Daily Mail
mobil Google

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk pertama kalinya, di akhir tahun depan akan dilakukan ajang balapan untuk mobil otonom. Mobil ini diluncurkan sebagai bagian dari Formula E Championship pada akhir tahun depan. Ajang tersebut dijuluki Roborace yang dirancang untuk menampilkan platform kompetitif dalam mengemudi otonom yang sekarang sedang banyak dikembangkan.

Dilansir dari Auto Car, Roborace akan berlangsung sebelum balapan Formula E reguler, dan akan menggunakan sirkuit yang sama. Seri ini akan menampilkan 10 tim balap dengan dua mobil otonom. Meskipun jenis mobil akan banyak terlihat sama, tim akan bersaing dengan menggunakan algoritma komputasi real-time dan teknologi AI.

Misi dari Roborace adalah untuk menunjukkan bahwa teknologi mengemudi otonom memang benar-benar telah hadir dan bahkan bisa bekerja dalam kondisi ekstrim. "Roborace merupakan tantangan terbuka untuk perusahaan ilmiah dan teknologi yang berfokus menjadi yang paling inovatif di dunia," ujar CEO Formula E Alejandro Agag.

Informasi lebih lanjut tentang tim dan teknologi dalam kejuaraan ini akan terungkap awal tahun depan. Jika benar Roborace 2016-2017 akan terselenggara, kota-kota seperti Berlin, Paris, Moskow dan London disinyalir akan menjadi tuan rumah dari balapan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement