Rabu 25 Nov 2015 08:52 WIB

Layanan Zero Down Time Mitsubishi Fuso Semakin Meluas

  Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (kanan) bersama dengan Hengky Tenasius, Presiden Komisaris PT Diansarana Berlian Motors (kiri),  memantau proses perawatan Truk Mitsubishi Fuso di sela-sela peresmian Truck Center di
Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (kanan) bersama dengan Hengky Tenasius, Presiden Komisaris PT Diansarana Berlian Motors (kiri), memantau proses perawatan Truk Mitsubishi Fuso di sela-sela peresmian Truck Center di

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2015 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Menghadapi tantangan itu, KTB gencar mengkampanyekan zero down time sebagai jaminan layanan purna jual Mitsubishi Fuso.

Kegiatan kampanye ini antara lain dilakukan dengan menambah layanan servis 24 jam Truck Center terbaru di Makassar, Cirebon, Padang, dan Surabaya, yang serentak beroperasi pada November 2015.

"Kami sadar, semakin tingginya aktifitas bisnis sangat membutuhkan penggunaan kendaraan niaga yang dapat terus beroperasi tanpa henti. Oleh karena itu kami juga telah menyiapkan suatu solusi khusus untuk perawatan kendaraan dengan fasilitas Mitsubishi Fuso truck center," kata Presiden Direktur KTB, Hisashi Ishimaki.

Dengan penambahan empat truck center baru, maka saat ini KTB memiliki 12 truck center yang terletak di area-area potensial dengan mobilitas kendaraan niaga yang sangat tinggi. Jika sebelumnya lokasi truck center terkonsentrasi di jalur Sumatra-Jawa, kali ini KTB mulai merambah area-area potensial lain.

Dua belas truck center tersebut, delapan berada di Medan, Lampung, Palembang, Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Sedangkan empat truck center terbaru ada di Makassar, Cirebon, Padang, dan Surabaya. " Khusus untuk wilayah Surabaya, karena permintaan konsumen yang begitu tinggi maka KTB kembali membuka truck center yang kedua di wilayah ini," kata Ishimaki.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada GIIAS 2015, KTB semakin gencar mempromosikan konsep zero down time ke berbagai wilayah agar konsumen memahami konsep ini secara menyeluruh. Zero down time merupakan jaminan layanan yang memungkinkan konsumen dapat melakukan perawatan/perbaikan kendaraan tanpa mengganggu waktu operasional kendaraan niaga mereka.

Karena digunakan untuk operasional bisnis, musuh terbesar kendaraan niaga adalah down time karena dapat mengurangi waktu operasional yang berakibat pada berkurangnya pendapatan/keuntungan pelaku bisnis. Dengan perawatan berkala dan perbaikan di bengkel resmi Mitsubishi Fuso, konsumen tidak perlu lagi khawatir aktivitas kendaraan niaganya terganggu karena mengalami kerusakan dan membutuhkan perawatan/perbaikan saat kendaraan sedang beroperasi sehingga bisa meminimalkan potensi kerugian.

"KTB memiliki truck center yang merupakan satu-satunya layanan servis khusus kendaraan niaga yang beroperasi tanpa henti selama 24 jam selama 365 hari," kata Ishimaki.

Pengembangan truck center ke berbagai wilayah disambut baik oleh konsumen. Sebagaimana disampaikan oleh Presiden Komisaris PT Suryaputra Sarana, Teten Herawati yang menyatakan, kehadiran truck center Cirebon merupakan jawaban atas banyaknya permintaan konsumen.

PT Suryaputra Sarana sebelumnya telah memiliki truck center di Bandung yang resmi beroperasi sejak 2014. Sejak diresmikan, truck center itu mendapat respons positif dari konsumen, tidak hanya konsumen ritel, tetapi juga konsumen fleet.

Banyak perusahaan yang awalnya memiliki bengkel atau mekanik tersendiri pada akhirnya menyerahkan urusan perawatan kendaraan operasional mereka kepada truck center. Alasannya, karena dianggap dapat lebih menghemat biaya.

Wakil Direktur Logistik PT Sinar Sosro, Soebakti Sosrodjojo juga telah merasakan betul manfaat dari truck center bagi kelancaran bisnisnya. Ia menyebut, dengan terus meningkatnya permintaan pasar terhadap produk Sosro, perusahaan membutuhkan armada angkutan yang dapat beroperasi secara maksimal, dan itu hanya dapat ditemukan di Mitsubishi Fuso.

Kepuasan Soebakti akan layanan yang didapat dari Mitsubishi terus meningkat, apalagi ditambah dengan layanan truck center. "Dengan adanya truck center, perawatan kendaraan dapat dilakukan tanpa mengganggu jam operasional armada, seperti servis pada malam hari atau waktu kosong lainnya. Truck center dengan konsep zero down time ini benar-benar memberikan keuntungan lebih kepada kami," ujar Soebakti.

Truck center pada umumnya juga dilengkapi dengan parts depo, yaitu gudang suku cadang milik KTB yang bertujuan untuk mempercepat proses distribusi serta stok suku cadang di berbagai wilayah. Jadi ketika kendaraan diservis dan membutuhkan suku cadang tertentu, dapat langsung tersedia sehingga prosesnya berjalan cepat dan tuntas.

Truck center juga dilengkapi dengan layanan 24 jam mobile workshop yang siap melayani servis kendaraan di mana konsumen berada. Layanan ini dapat diperoleh konsumen dengan perjanjian atau service booking terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement