Selasa 10 Nov 2015 15:18 WIB

Musk: Era Mobil Otonom tak Lama Lagi

Rep: MgROL49/ Red: Dwi Murdaningsih
 Elon Musk menerangkan soal ‘Powerwall’ di Studio Deasin Tesal di Hawthorne, California.
Foto: YouTube/Tesla Motors
Elon Musk menerangkan soal ‘Powerwall’ di Studio Deasin Tesal di Hawthorne, California.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elon Musk, pendiri Tesla Motor, memprediksi bahwa kendaraan otonom akan lebih cepat dari perkiraan. Tesla telah membuat langkah awal untuk terjun ke era ini dengan sistem Autopilot pada SUV Model S dan Model X yang memungkinkan pengemudi tanpa harus menyentuh kemudi di jalan raya.

Dilansir dari Inaautonews.com, sistem Autopilot menggunakan radar front-side, kamera depan, sensor ultrasonik yang diposisikan untuk mendeteksi sejauh 16 kaki di sekitar mobil pada setiap arah. Elon Musk mengatakan dalam waktu 15 sampai 20 tahun kita akan menjadi terbiasa untuk melihat mobil-mobil yang memiliki full sistem otonom.

Tidak hanya Tesla yang menaruh perhatian pada konsep mobil otonom. Di Tokyo Motor Show, Nissan juga memperkenalkan konsep cerdas tersebut, sebuah kendaraan yang menawarkan full sistem otonom dan sistem baterai untuk perjalanan jarak jauh.

Disinyalir Nissan akan memiliki mobil kota full otonom pada tahun 2020, mobil yang mampu melaju otomatis di kota yang padat. Selain itu, Toyota Motor baru-baru ini juga mengumumkan bahwa mereka akan menghabiskan 1 miliar dolar untuk membentuk sebuah lembaga penelitian yang difokuskan pada kecerdasan buatan dan robotika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement