Senin 19 Oct 2015 14:46 WIB

Pangsa Pasar Kendaraan Difabel Taiwan Capai 21 Persen

Sejumlah Angota Pokja RUU disabilitas menyaksikan berjalannya sidang paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/10). (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sejumlah Angota Pokja RUU disabilitas menyaksikan berjalannya sidang paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/10). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taiwan tercatat sebagai pemasok terbesar kendaraan bermotor bagi penyandang disabilitas. Taiwan memproduksi "electric mobility scooters" dan kursi roda listrik di Asia, termasuk untuk pasar Indonesia. Direktur Karma Indonesia, Roberto Linartio mengatakan, dari hasil survei tahun 2013 terhadap pasar global mengenai kendaraan bermotor bagi penyandang disabilitas, sebanyak 21,3 persen adalah barang buatan Taiwan.

Salah satu merek terkenal adalah Karma. Perusahaan yang didirikan sejak tahun 1987 itu menjadi produsen terbesar untuk 48 negara termasuk Indonesia yang sudah masuk sejak tahun 2000. "Karma telah mendapatkan respon cukup positif dari masyarakat Indonesia. Terbukti dengan penjualan yang terus meningkat dari tahun ke tahun," katanya, Senin (19/10).

Salah satu produk Karma yang inovatif adalah Flexx HD dirancang khusus mempunyai fungsi dengan beberapa penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan individual dan kondisi tubuh. "Flexx HD memberikan beragam penyesuaian termasuk sudut sandaran, tinggi sandaran, lebar dan kedalaman kursi, pusat gravitasi," katanya.

Kursi roda Karma dari Taiwan memiliki beban yang ringan untuk dibawa berpergian seperti buatan eropa namun harganya terjangkau. Beda sekali dengan buatan Asia yang dikenal terlalu berat. Menurut catatan, Taiwan Excellence dimulai di Indonesia sejak tahun 2010 sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan produk-produk Taiwan Excellence serta memacu ekspor Taiwan ke Indonesia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement