Ahad 11 Oct 2015 02:20 WIB

Tahun Depan, Jepang Uji Coba Robot Taksi

Robot taksi
Foto: Robot Taxi
Robot taksi

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Teknologi mobil kemudi otomatis kini berkembang semakin cepat. Sejak Google dkk mengembangkan proyek mobil otomatis mereka, ide penggunaan robot mobil atau mobil kemudi otomatis kini dirasa makin masuk akal.

Dan awal tahun depan, armada taksi dengan kemudi otomatis dijadwalkan akan segera diuji coba di Jepang The Wall Street Journal melaporkan kerja sama antara pemerintah federal Jepang dan Robot Taxi akan mewujudkan taksi kemudi otomatis ini. Nantinya, taksi ini akan diuji coba di Kanagawa, sebelah selatan Tokyo.

Robot Taxi ingin mewujudlan layanan komersialiasi layanan publik taksi dengan kemudi otomatis pada 2020. Ini juga tahun yang sama dimana Google menaretkan untuk mulai menjual mobil kemudi otomatis buatan mereka. "Ada banyak orang yang mengatakan hal itu tidak mungkin, tapi saya pikir semua itu justru bisa terealisasi lebih cepat dari harapan sebelumnya," ujar menteri Shinjiro Koizumi, seperti diberitakan Science Alert.

Ada keuntungan jika Jepang mengembangkan teknologi ini. Negeri sakura ini memiliki populasi orang tua. Alhasil, teknologi mobil kemudi otomatis dirasa akan sangat menguntungkan warga di negara tersebut. Selain itu, ada alasan lain mengapa tahun 2020 menjadi target mulai berlaku layanan publik taksi kemudi otomatis.

Alasan tersebut tidak lain adalah akan diselenggarakannya olimpiade Tokyo pada tahun 2020 mendatang. Penonton atau altet bisa dimobilisasi dengan kendaraan tersebut. Pengguna cukup memanggil menggunakan smartphone dan sensor canggih termasuk GPS untuk memantau lokasi taksi kemudi otomatis ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement