Jumat 09 Oct 2015 14:33 WIB

Polisi Sita Dokumen dan Hard Disk dari Kantor VW

Volkswagen
Foto: AP/Brennan Linsley
Volkswagen

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Polisi Jerman menggeledah kantor pusat Volkswagen Kamis (8/10) waktu setempat.  Dalam penggeledahan terkait skandal emisi diesel tersebut polisi dilaporkan menyita banyak dokumen dan hard disk.

AFP mengutip keterangan jaksa setempat mengatakan Sejumlah apartemen di kota tempat markas besar VW di Wolfsburg serta kota lainnya juga digeledah.

Polisi berusaha menyita dokumen-dokumen dan data digital yang bisa menunjuk kepada orang-orang bertanggung jawab dalam skandal itu.

Penggeledahan dilakukan setelah Kepala Volkswagen Amerika Serikat Michael Horn ditanyai Kongres AS di mana dia berusaha menjauhkan dirinya dari skandal itu dengan mengambinghitamkan para insinyur di Jerman.

Horn mengaku bahwa pada awal 2014 dia memang mengetahui VW melanggar aturan polusi, namun baru bulan lalu dia mengetahui ternyata ada perangkat yang ditanamkan kepada mobil-mobil VW untuk mengakali uji polusi di AS.

Bulan lalu VW mengakui bahwa 11 juta mobil diesel VW dan Audi telah dipasangi software yang bisa mengubah mode (status mesin mobil) ke emisi rendah selama uji emisi, namun dengan otomatis berbalik lagi ke mode biasa ketika mobil sudah di jalan raya sehingga mengaburkan fakta bahwa mobil sebenarnya beremisi tinggi alias mengeluarkan polusi.

Di Australia, VW akan menarik kembali (recall) 97.600 unit mobil Audi dan Skoda yang terbukti dipasangi teknologi penipu emisi itu, demikian AFP.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement