Sabtu 03 Oct 2015 10:35 WIB

Skandal Emisi, Volkswagen Tangguhkan Beberapa Kendaraan Diesel di Australia

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Volkswagen
Foto: AP/Brennan Linsley
Volkswagen

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Volkswagen AG akan menangguhkan penjualan beberapa mobil dieselnya di Australia, Sabtu (3/10). Penjualan tetap ditangguhkan meskipun kendaraan telah dilengkapi dengan perangkat untuk mengurangi tingkat emisi.

"Pada langkah pertama, efektif dan segera, Volkswagen Australia Group telah menghentikan sementara penjualan kendaraan," kata Volkswagen dalam pernyataan. Kendaraan-kendaraan tersebut telah dilengkapi dengan mesin diesel EA189 1,6 atau 2,0 liter.

Menurutnya, suspensi akan tetap dilakukan sampai masalah emisi selesai. Pengumuman ini muncul setelah Volkswagen Australia bertemu dengan pejabat pemerintah dan konsumen Australia untuk membahas penanganan emisi mobil.

Komisi Konsumen dan Kompetisi Australia telah meluncurkan penyelidikan untuk menentukan apakah konsumen dirugikan atau tidak. Menurut mereka, Volkswagen akan menghadapi hukum dan denda jutaan dolar jika ditemukan melanggar undang-undang konsumen.

Padahal dalam tujuh bulan pertama 2015, penjualan kendaraan Volkswagen melonjak 13 persen dari tahun sebelumnya. Sebanyak enam persen merupakan sumbangan dari Australia.

Sebelumnya skandal pemalsuan uji emisi Volkswagen terkuak pada Jumat (17/9) bulan lalu. Perusahaan mobil raksasa Jerman itu mengaku telah menggunakan perangkat lunak tertentu sehingga hasil uji emisi menjadi sangat baik.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement