Selasa 28 Jul 2015 13:13 WIB

Truk Kemudi Otomatis Diuji di Jerman

Truk kemudi otomatis.
Foto: Daily Mail
Truk kemudi otomatis.

REPUBLIKA.CO.ID, WUERTTEMBERG -- Produsen otomotif kini semakin berlomba-lomba untuk berinovasi menciptakan kendaraan dengan kemudi otomatis. Perusahaan otomotif asal Jerman, Daimler berencana untuk menguji truk kemudi otomatis pada tahun ini. Truk kemudi otomatis telah diizinkan melaju di jalanan Amerika.

Dilansir dari laman Daily Mail, Daimler akan melakukan uji pertama truk semi otomatis di negara bagian Baden-Wuerttemberg, Jerman. Truk ini rencananya akan diproduksi massal pada 2-3 tahun lagi. Salah seorang eksekutif senior di perusahaan tersebut Wolfgang Bernhard mengklaim perusahaan ini akan memimpin di bidang kendaraan kemudi otomatis.

 

"Kami yakin kita akan bisa mendapatkan izin untuk mengaspal tahun depan," ujar dia.

Meskipun diakuinya, di segmen bisnis ini juga nantinya akan banyak pesaing. Sebut saja Apple yang dikabarkan memproduksi mobil dengan kemudi otomatis. Google bulan ini juga telah menguji mobil kemudi otomatis di Austin, Texas.

Truk ini menggunakan kamera dan radar untuk mengintai keadaan jalan. Kendaraan ini juga bisa membaca rambu-rambu lalu lintas secara real time. Teknologi yang ada dalam kendaraan ini juga memungkinkan bagi truk untuk melakukan konvoi, alias beriring-iringan dengan kendaraan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement