Kamis 23 Jul 2015 07:07 WIB

Ford Kembangkan Lampu Infrared untuk Deteksi Pejalan Kaki

Ford F150
Foto: Ford
Ford F150

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak hal yang menjadi penyebab kecelakaan. Salah satunya, ketika mengemudi di dalam gelap tiba-tiba muncul pejalan kaki, pengendara sepeda dan hewan secara tidak terduga dan mengagetkan pengendara mobil. Namun, teknologi yang semakin canggih diharapkan bisa menghindarkan pengendara mobil dari bahaya-bahaya itu.

Perusahaan otomotif Ford sedang mengembangkan lampu pintar untuk mendeteksi pejalan kaki, pengendara sepeda dan hewan di malam hari. Sebuah kamera inframerah bisa melacak panas tubuh delapan pejlan kaki, pengendara sepeda dan hewan. Lampu ini nantinya akan disambungkan di layar mobil yang memang dirancang agar pengemudi bisa mendapatkan peringatan tambahan. Sistem yang masih berupa prototipe ini nantinya juga bisa menyesuaikan ketika berada di persimpangan atau bundaran.

Michael Koherr, insinyur penelitian di Ford mengatakan sistem ini diharapkan bisa membantu pengendara untuk menghindari kecelakaan. "Cahaya ini membuat potensi bahaya di jalan lebih mudah terlihat oleh pengemudi, baik berupa pejalan kaki, pengendara sepeda atau bahkan hewan besar," ujar dia, mengutip laman Daily Mail.

Lampu ini, kata dia juga memudahkan penggunanya untuk berkendara di malam hari, di bundaran atau tikungan. Sistem dirancang untuk memudahkan pengemudi melihat dengan jelas arah keluar dan memastikan apakah ada pejalan kaki yang tiba-tiba menyeberang jalan. Kamera ini bisa mendeteksi objek dengan jarak 120 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement