Rabu 22 Jul 2015 04:52 WIB

Mobil Listrik Ini Kalahkan Kecepatan Mobil F1

Balapan perdana Formula 1 di sirkuit Silverstone, Inggris
Foto: crimsoncars
Balapan perdana Formula 1 di sirkuit Silverstone, Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Sebuah mobil listrik telah memecahkan rekor sebagai mobil tercepat di dunia. Mobl listrik ini bisa melaju lebih kencang dibandingkan mobil F1. Mobil yang didukung baterai bertenaga 'go-cart' ini memecahkan rekor dunia dengan menempuh kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 1,7 detik.

Dilansir dari laman Daily Mail, mobil listrik Green Team E0711-5 ini lebih cepat 0,006 detik dibandingkan mobil tercepat yang ada sebelumnya. Sebelumnya, rekor mobil tercepat dimiliki oleh mobil balap F1 yang mampu melaju 0-100 km/jam dalam waktu 1,770 detik.

Mobil ini dikembangkan oleh insinyur di University of Stuttgart di Jerman. Untuk rekor tercepat ini memang masih perlu diverifikasi oleh Guiness Book Record, namun mobil ini ditakini menjadi mobil listrik paling cepat. Mobil ini dikembangkan oleh 40 mahasiswa di kampus tersebut. Mobil ini juga memanfaatkan komposit serat dari karbon yang membuatnya bisa lebih ringan.

Benedikt Baurer Sachs, teknisi Green Team mengatakan selain teknologi dan baterai, pemilihan pembalap juga berperan penting untuk membuat rekor ini. Tim sengaja merancang mobil ini untuk sebuah kompetisi Formula Student Electric yang akan diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari seluruh dunia.

Kompetisi ini nantinya akan digelar di Hockenheim di Jerman pada musim panas mendatang. Tahun lalu, sekelompok insinyur dari Swiss telah berhasil membuat Grimsel. Saat itu, Grimsel memecahkan rekor dengan meraih kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 1,785 detik. Namun, kini Green Team berhasil memecahkan rekor Grimsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement