Rabu 22 Jul 2015 02:38 WIB

Universitas Michigan Sediakan Lokasi Pengujian Mobil Tanpa Kemudi

Mobil google
Mobil google

REPUBLIKA.CO.ID, DETROID -- Detroit telah lama menjadi rumah dari segala hal yang berbau otomotif di Amerika Serikat. Untuk memantapkan hal ini, Universitas of Michigan telah membuka fasilitas pengujian untuk mobil tanpa kemudi seluas 32 hektare (ha). Fasilitas pengujian yang diberi nama Mcity ini terletak 45 mil jaraknya dari Detroit.

Mcity menerima investasi besar-besaran dari perbagai perusahaan mobil seperti Honda, Ford, General Motor, Toyota dan Nissan. Perusahaan teknologi seperti Verizon dan Delphi juga ikut berinvestasi disana. Menurut laporan Bloomberg, Ford dikabarkan telah menguji mobil tanpa kemudi di lokasi itu.

Tempat pengujian itu merupakan hasil kerja sama antara Departemen Perhubungan Michigan dengan Michigan Mobility Transformation Center (MTC). Mobil tanpa kemudi harus diuji agar aman digunakan oleh masyarakat. Keberadaan Mcity ini dinilai menguntungkan karena banyak perusahaan mobil yang berbasis di Detroid.

Dilansir dari laman Mashable, keberadaan Mcity dinilai pas karena bertepatan dengan banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang mulai menguji mobil tanpa kemudi buatan mereka. Misalnya Google. Fenomena mobil tanpa kemudi ini rupanya juga memicu persaingan antar wilayah di AS untuk yang terdepan dalam menyediakan fasilitas dan infrastruktur untuk mendukung berkembangnya mobil tanpa kemudi.

"Kami tidak akan membiarkan Sillicon Valley mengambil teknologi ini," ujar Gary Peters, senator asal Michigan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement