Rabu 24 Jun 2015 21:45 WIB

Permintaan Suku Cadang Diyakini Meningkat Jelang Lebaran

Gudang suku cadang
Gudang suku cadang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permintaan suku cadang kendaraan roda empat dan dua pada semester II 2015 diyakini bakal meningkat menyusul perayaan Hari Raya Lebaran.

Menurut Direktur PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) Yusak Kristian, para pemudik baik yang menggunakan mobil atau motor pasti menginginkan kondisi kendaraannya prima selama perjalanan dan untuk pemakaian selanjutnya. "Artinya membutuhkan komponen yang berkualitas sempurna," kata Yusak dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (24/6).

Ia menambahkan bahwa pada semester dua tahun ini perekonomian Indonesia diyakini juga akan bergerak positif dan akan berdampak pada peningkatan permintaan suku cadang kendaraan bermotor ke depannya.

"Penjualan komponen Astra Otoparts di pasar suku cadang pengganti (aftermarket) pada semester dua diyakini akan mengalami peningkatan diatas 10 persen dari semester satu 2015," paparnya.

Ia mengakui bahwa sejak awal semester satu tahun 2015 ini perseroan menghadapi tantangan akibat penurunan pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya persaingan di sektor pemasaran suku cadang otomotif.

"Untuk menjawab tantangan tersebut, seluruh 'stakeholders' Astra Otoparts tetap berkomitmen menjadi yang terbaik dan berdiri di posisi terdepan sebagai pilihan utama konsumen, khususnya di bidang distribusi komponen mobil dan motor untuk pasar suku cadang pengganti.

Ia mengemukakan bahwa produk-produk komponen otomotif Astra Otoparts yang sudah dipasarkan yakni produk aki dengan merek GS Astra dan Incoe, spare parts ASPIRA dan Federal Parts, "shock absorber" KYB. Tidak ketinggalan produk ban dengan merek Aspira dan Pirelli serta oli mobil dengan merek Astra Shell.

"Produk-produk itu dipasarkan melalui 'authorized workshop' grup Astra dan jaringan ritel modern milik Astra Otoparts yaitu Shop&Drive. Jaringan Shop&Drive sendiri sekarang ini sudah menyebar di Indonesia dan berjumlah 354 outlet. Shop&Drive memberikan layanan penggantian aki bergaransi, oli, dan beberapa kebutuhan kecil lainnya," katanya.

Selain menjual produk dan pelayanan, lanjut dia, Shop&Drive juga memberikan pelayanan antar aki 24 jam untuk konsumen yang mengalami kesulitan men-starter kendaraannya.

"Di saat liburan panjang Idul Fitri, layanan antar aki dari Shop&Drive akan selalu siaga membantu konsumen, karena kami tidak ingin konsumen setia kami dan masyarakat pada umumnya terganggu aktivitas liburannya hanya karena masalah pada aki mobilnya," ujar Yusak Kristian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement