Jumat 29 May 2015 03:08 WIB

Suzuki Dorong Perkembangan Pendidikan Otomotif

Rep: C73/ Red: Julkifli Marbun
Produk Suzuki
Foto: ANTARA News/Deny Yuliansari
Produk Suzuki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berupaya untuk meningkatkan perkembangan pendidikan terutama di bidang otomotif, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) kembali mendonasikan 8 engine cut model mobil dan 10 engine Motor Suzuki, serta 92 unit motor Suzuki kepada Sekolah Binaan Suzuki yang tersebar di Indonesia pada Mei ini.

Dept. Head PT SIS, Riecky  Patrayudha, memaparkan penyerahan donasi tersebut merupakan perwujudan kampanye Suzuki Peduli yang menjadi bagian dari program Corporate Social Responsibility Suzuki yang sudah berjalan dari tahun ke tahun. Terdapat 13 perwakilan Sekolah Binaan yang berasal dari wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, dan Makassar. Sedangkan total penerima donasi ialah sebanyak 61 Sekolah Binaan. Tahun ini, ujar dia, Suzuki berencana untuk memperluas jaringan Sekolah Binaan.

"Donasi ini bertujuan mendukung kegiatan praktikum serta keahlian para siswa Sekolah Binaan," terang Riecky dalam acara penyerahan donasi secara simbolis di gedung Training Centre Suzuki Pulogadung, Jakarta, pada Kamis (21/5).

Sempat vakum sejak 2011, pada 2014 Suzuki kembali memberikan donasi dengan memberikan engine berteknologi baru yang memiliki spesifikasi lebih tinggi ini ke Sekolah Binaan. Hal ini menurutnya, untuk mengenalkan teknologi mutakhir dari Suzuki.

Selain meningkatkan pendidikan, program ini juga dapat membuka jalan bagi sekolah maupun pusat pelatihan untuk bekerja sama dengan PT Suzuki Indomobil Sales dan PT Suzuki Indomobil Motor dalam merekrut karyawan maupun penyaluran teknisi bagi dealer-dealer Suzuki.

Ia menjelaskan, kerjasama antara PT SIS dengan Sekolah Binaan telah berlangsung sejak 2002 hingga 2011 lalu. Kerjasama itu mencakup 26 Sekolah Binaan, dengan 9 Pusdiklat Suzuki, 16 SMK Suzuki dan 2 Balai Latihan Kerja (BLK). Untuk Pusdiklat, Suzuki menyediakan program pembelajaran selama 1 tahun, setara dengan Diploma 1. Sementara SMK Binaan, disediakan 1 kelas khusus untuk mempelajari kendaraan Suzuki selama 3 tahun, dan BLK mempelajari khusus unit Suzuki selama 6 bulan. Menurutnya, Sekolah Binaan yang sudah bekerja sama tersebut mengikuti kurikulum pelatihan berbasis Training Centre Suzuki. Melalui kerja sama tersebut, Suzuki telah mendonasikan 137 unit motor, 6 unit mobil, 77 engine motor, 14 engine mobil, 13 transmisi mobil, 1 car lift, serta peralatan khsus untuk mendukung praktikum siswa.

Terselenggaranya program CSR tersebut, ujar dia, menjadi bagian dari komitmen Suzuki Indonesia yang selama lebih dari 40 tahun dikenal sebagai salah satu brand otomotif terbesar di Indonesia. Dengan slogan "Suzuki Way of Life," Suzuki berkomitmen untuk menghasilkan 4 elemen yaitu Spirit, Straightforward, Sporty dan Value. Hal ini untuk memperkuat primary brand image Suzuki, agar tetap eksis sebagai brand otomotif yang terpercaya di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement