Senin 16 Feb 2015 23:14 WIB

Fokus Tingkatkan Kualitas, Honda akan Kurangi Variasi Mobil

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Karta Raharja Ucu
Honda City CNG
Foto: promotiontoyou.com
Honda City CNG

REPUBLIKA.CO.ID, ASAHIKAWA -- Honda Motor Co sedang mengurangi variasi mobilnya hingga seperlima, dan akan fokus pada peningkatan kualitas. Sebab, pada 2014 Honda sempat menarik mobil produksinya setelah menerima keluhan kualitas dan lima kali menarik produknya.

Kepala Teknisi Divisi Riset dan Pengembangan Honda Motor Co Yoshiharu Yamamoto, mengungkapkan salah satu sebab turunnya kualitas produksi mungkin dikarenakan menumpuknya tugas Divisi Riset dan Pengbangan.

"Honda perlu memangkas sekitar 20 persen variasi mobil baru. Yang penting fokus pada apa yang benar-benar dibutuhkan konsumen global," kata Yamamoto seperti dikutip Reuters, Senin (16/2).

Terlalu banyak variasi pun dinilai Yamamoto akan menghilangkan esensi laiknya Honda. Selain tentunya itu menjadi beban para pekerja dan tidak mencerminkan efisiensi.

Meski tidak menyebut kapan pemangkasan variasi ini berawal dan berakhir, Yamamoto hanya mengatakan prosesnya sedang berjalan. Kompetitor Honda, Toyota juga sempat mengambil langkah serupa pada 2010 lalu. Honda harus kehilangan jutaan dolar sejumlah mobilnya ditarik dari berbagai negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement