Sabtu , 04 October 2014, 17:10 WIB

Lagi, GM Tarik 524 Ribu Kendaraan

Red: Yudha Manggala P Putra
General Motors
General Motors

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- General Motor Co mengatakan pada Jumat bahwa perusahaan itu telah menarik dari peredaran (recall) 524.384 kendaraan di seluruh dunia karena masalah pada komponen kaki-kaki belakang.

Model yang terbanyak ditarik meliputi Cadilac dan SUV Saab serta Chevrolet Spark, menurut laporan Reuters.

Cadillac SRX dan Saab 9-4X mengalami masalah komponen kaki-kaki belakang yang berpotensi lepas dan bisa menyebabkan kendaraan hilang kendali saat dalam kecepatan tinggi.

GM mengaku mengetahui masalah itu setelah tiga kasus kecelakaan dan dua orang terluka karena lepasnya komponen joint belakang di kedua model mobil itu.

Dari kendaraan yang ditarik, 430.550 unit adalah SUV, dan 290.107 di antaranya di Amerika Serikat serta selebihnya yang diekspor ke Kanada dan Meksiko.

Penarikan akan ditangani oleh dealer, yang akan mengganti rakitan kaki-kaki belakang jika diperlukan.

Penarikan meliputi SUV Cadillac dari model tahun 2010 hingga 2015 dan SUV 9-4X model-model dari tahun 2011 hingga 2012.

Perusahaan yang bermarkas di Detroit itu juga menarik dari peredaran 93.834 Chevrolet Spark produksi-Korea Selatan terbaru karena risiko kap yang terbuka sendiri secara tiba-tiba saat berkendara.

Selain itu, GM pada Kamis lalu juga meminta dealer menghentikan penjualan truk pickup menengah yang baru dikenalkan 2015 Chevy Colorado dan GMC Cayon.

GM akan memperbaiki potensi airbag yang cacat pada kedua model truk itu, demikian Reuters melaporkan.

Sumber : Antara