Selasa , 09 September 2014, 07:54 WIB

GM Kembangkan Teknologi Komunikasi Antar Kendaraan

Red: Agung Sasongko
General Motors
General Motors

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT -- General Motors Co dalam dua tahun ke depan akan memperkenalkan mobil pertama yang dapat berkomunikasi dengan kendaraan lain untuk membantu menghindari kecelakaan dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

Dalam rentang waktu yang sama, GM juga akan memperkenalkan teknologi lebih maju yang memungkinkan kendaraan dapat melaju tanpa perlu pengemudi.

"Saya yakin pelanggan akan berangkulan (kendaraan dengan kendaraan) dan teknologi mengemudi otomatis ini bertujuan untuk memecahkan masalah sehari-hari yang dihadapi pengemudi," kata CEO Marry Barra, seperti dikutip Reuters, Selasa (9/9).

Perusahaan otomotif, akademisi dan instansi pemerintah sedang bekerja untuk mengembangkan kamera, sensor, radar dan teknologi lainnya yang memungkinkan kendaraan dan infrastruktur sekitarnya seperti lampu lalu lintas untuk memperingatkan satu sama lain tentang kondisi mengemudi di sekitar kendaraan.

GM meluncurkan sejumlah fitur seperti pengendalian adaptasi berkendara, sistem pengereman pencegah kecelakaan dan semi otomatis dan pengemudian tanpa memegang stir seperti fitur "Super Cruise" GM untuk mengemudi lebih aman. Namun, GM dan produsen otomotif lainnya telah menekankan bahwa dengan fitur mengemudi tanpa memegang stir, pengemudi tetap akan bertanggung jawab dan harus memperhatikan jalan.

Sumber : Antara