Jumat 22 Aug 2014 18:45 WIB

Ford Siapkan Tandingan Prius

Rep: Niken Paramita/ Red: Agung Sasongko
Toyota Prius
Foto: Antara
Toyota Prius

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Produsen otomotif Amerika, Ford, berniat hadirkan mobil bertenaga bensin-listrik hibrida untuk menyaingi kendaraan hibrida milik Toyota, Prius. Kendaraan ini nantinya akan menjadi kendaraan hibrida pertama dari Ford yang direncanakan muncul tahun 2019 mendatang.

Rencana ini diungkapkan Reuters yang dilansir The Iet, Jumat (22/8), dari dua sumber yang tak disebutkan namanya. Menurut sumber, kendaraan ini akan diproduksi di pabrik perakitan Wayne Ford di tenggara Michigan. Dalam setahun Ford rencananya bakal memproduksi 120 ribu kendaraan hibrida baru.

Sumber mengatakan, Ford menawarkan desain bodi yang berbeda dari kendaraan hibdrida yang ada saat ini. Seperti hibrida versi drivetrain, termasuk plug-in model yang model plug-in yang dapat diisi ulang dari soket listrik.  Namun beberapa teknologi hibdrida seperti motor, controller dan baterai diadopsi dari model yang ada.

Jika rencana ini terwujud, ini akan menjadi jeda waktu yang panjang untuk menyaingi Prius, 21 tahun setelah diluncurkan.

Ford seperti juga produsen otomotif lainnya telah berinvestasi besar untuk pengembangan kendaraan hibdrida untuk memenuhi standar emisi dan konsumsi bahan bakar di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Tapi permintaan atas kendaraan ini kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement