Kamis 24 Jul 2014 05:15 WIB

Kiat Jaga Konsentrasi Mengemudi Selama Mudik (2-Habis)

Mengemudi butuh konsentrasi. Ilustrasi
Foto: rebuild-your-vision.com
Mengemudi butuh konsentrasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehilangan konsentrasi akibat jauhnya jarak yang harus ditempuh pengemudi mobil saat mudik merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan.

Biasanya beberapa faktor seperti kelelahan, kantuk, dan stres karena macet memicu buyarnya konsentrasi selama mengemudi.

Berikut lanjutan beberapa kiat menjaga konsentrasi mengemudi selama mudik dari Garda Oto:

4. Minum kopi dan tidur. Menurut sebuah penelitian di Inggris, kombinasi dari meminum kopi kemudian tidur selama 15 menit dapat memperbaiki kemampuan dan kewaspadaan, serta mengurangi kantuk. Metode ini dipercaya ampuh karena tidur selama 15 menit membantu menjernihkan otak dari kandungan adenosine. Sementara itu, kafein membutuhkan sekitar 20 menit untuk bisa mempengaruhi secara psikologis. Dampaknya seperti sebuah tamparan untuk membangunkan orang dari tidur.

5. Olahraga ringan. Bila dalam perjalanan sudah mulai merasakan kelelahan dan kantuk, berhentilah di tempat aman  dan lakukan sedikit peregangan tubuh. Hal ini berfungsi melancarkan peredaran darah setelah berjam-jam duduk di dalam mobil.

6. Menyetir bergantian. Bila memungkinkan, bergantianlah mengemudi dengan orang lain setiap 2 atau 3 jam sekali.

Kiat-kiat tersebut dapat membantu pemudik agar tetap berkonsentrasi selama perjalanan sehingga bisa sampai dan berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman masing-masing.

Sementara agar lebih aman dan nyaman, pemudik bisa memanfaatkan sembilan Pos Siaga Astra yang ada di sepanjang jalur mudik Jawa – Bali yang dipersembahkan oleh Garda Oto bersama Grup Astra lainnya dalam program Astra Holiday Campaign.

Di pos tersebut, pemudik yang kendaraannya bermasalah akan dibantu oleh petugas siaga. Selain itu, bagi pelanggan Garda Oto dapat juga menghubungi 500 112 untuk kondisi darurat. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement