Kamis 17 Apr 2014 15:37 WIB

Dua Mobil Listrik Bikinan ITS Bakal Lintasi Jawa

ITS akan menjajal tiga mobil ramah lingkungannya keliling Jawa.
Foto: ITS
ITS akan menjajal tiga mobil ramah lingkungannya keliling Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, dua mobil listrik terbaru karya perguruan tinggi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bakal diuji performanya dengan melakukan tur melintasi Pulau Jawa pada 2-6 Mei 2014.

Kedua mobil listrik tersebut , EZZY ITS ver 1.0 dan EZZY ITS ver 1.1, dijadwalkan menjelajahi Bandung, Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun dan berakhir di Surabaya selama lima hari.

Uji coba ini merupakan bagian dari kegiatan 'Tour de Java' yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ini.  ITS juga akan mengikutsertakan mobil bertenaga surya buatan mereka Sapuangin Surya dalam tur keliling Jawa tersebut.

Perjalanan ketiga mobil ramah lingkungan ini rencananya bakal dilepas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh.

"Dengan adanya dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan, Pemerintah Kota Surabaya serta Rektor ITS, diharapkan acara ini dapat memotivasi para kaum muda Indonesia untuk mengembangkan Indonesia khususnya di bidang sains dan teknologi serta timbulnya kesadaran yang lebih dari masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan," demikian dikutip ROL dari keterangan pers Tim Mobil Listrik Nasional ITS, Selasa (15/4).

sumber : ITS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement