Kamis 17 Apr 2014 13:08 WIB

MPV Bergaya SUV Spin Activ

Rep: Agus Raharjo/ Red: Joko Sadewo
Chevrolet Spin Activ
Foto: Niken
Chevrolet Spin Activ

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadiran varian terbaru Chevrolet Spin sudah dikabarkan sejak pekan kemarin. Kehadirannya untuk merayakan ulang tahun yang pertama Chevrolet Spin di Indonesia.

Varian terbaru yang menjadi varian tertinggi Spin ini akhirnya diluncurkan secara resmi 16 April 2014 di Jakarta. Peluncuran di Indonesia ini adalah peluncuran resmi pertama dari beberapa Negara yang menjadi pasar Spin.

Lalu, apa perbedaan Chevrolet Spin varian terbaru ini dengan pendahulunya yang cukup sukses bersaing di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) di pasar Indonesia? Varian terbaru Spin Activ ini menampilkan gaya yang berbeda dengan pendahulunya. Dari desain eksteriornya, Spin Activ secara khusus dirancang dengan memadukan desain tangguh dan maskulin dari sosok kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV).

Chevrolet Indonesia memberi sentuhan gaya SUV pada Spin Activ untuk memunculkan keunikan sebuah kendaraan MPV. Penerapan gaya ini dibuat detail. Di tag Active yang disematkan pada body mobil, dilengkapi dengan body kit berbahan fiber, spoiler depan dan belakang serta garis pintu berwarna hitam. Hal ini untuk lebih memunculkan tampilan gagah serta beraroma petualang, mirip elemen yang biasa ditemukan pada SUV.

“Mobil ini bukan hanya mewakili sebuah keluarga, tapi juga mendukung gaya hidup konsumen,” kata Melitita Iskandar, Direktur Marketing PT General Motors Indonesia.

Desainnya Spin Activ juga dibuat lebih tegas dengan menggunakan tone warna gelap. Di bagian lampu depan, belakang dan velk mengaplikasikan warna-warna gelap ini. Di bumper depan dibuat lebih mewah dipadukan dengan spion yang semakin sporty.  Desain awal Spin lama dirancang tim General Motors di Brasil dengan memberikan lekuk gagah dan tegas untuk tampilan modern yang khas.

Dengan moulding unik di body yang memberikan tampilan lebih unik, serta penggunaan bahan body yang lebih tebal ditujukan untuk memberi keamanan dan kesan kokoh karena kualitas terjamin.

Spin Activ merupakan pengembangan dari platform sub-compact MPV Global tersebut. Hasilnya, Spin Activ menjadi sub-compact tujuh penumpang yang memiliki ruang, kenyamanan, fleksibilitas, efisiensi dan dinamika berkendara yang superior. Spin Activ didesain lebih edgy, kontemporer dan gagah pada wujud compact. Dengan desain yang baru bergaya SUV ini, Spin Activ menonjolkan karakteristik yang berbeda dengan kompetitornya di kelas MPV.

Di sisi interior, penggunaan warna gelap masih mendominasi beberapa bagian. Yaitu di dashboard, lapisan bangku, panel pintu, serta kemudi. Fitur-fitur baru yang dipasangkan di Spin Activ ini juga dapat dikatakan lebih banyak. Spin Activ dilengkapi dengan dual airbags, sistem audio Bluetooth, dengan tombol audio control tambahan di lingkar kemudi.

Selain itu, dilengkapi dengan AC untuk baris ketiga. Tingkat fleksibilitas interior mobil 7 penumpang masih tetap dipertahankan melalui bangku kedua dan ketiga yang dapat dilipat untuk meningkatkan kapasitas ruang kargo hingga 1.668 liter.

Elemen penting lainnya dari Spin ACtiv ini adalah memiliki tingkat kedap suara yang lebih baik, mengurangi kebisingan dan getaran untuk memberi pengalaman berkendara yang sangat nyaman dan lebih senyap. “Penambahan fitur-fitur di Spin Activ ini didasarkan pada feedback konsumen Spin, dengan penambahan fitur ini, harga yang ditawarkan sangat bisa bersaing dengan produk lain di segmen MPV-B,” ungkap Meilita Iskandar.

Spin Activ dilengkapi dengan mesin bensin 1.5L DOHC, Dual VVT (Variable Valve Timing) dan multi-point fuel injection. Varian terbaru ini mampu menghasilkan daya 109 PS pada 6.000 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.800 rpm. Penggerak roda depan disalurkan melalui transmisi 6 percepatan menjadi yang pertama di kelasnya. Dengan varian terbaru ini, Spin Activ menjadi varian tertinggi di Chevrolet Spin.

Harga varian terbaru ini dibanderol Rp 203,2 juta untuk harga on the road Jakarta. Dengan penambahan varian ini, harga Chevrolet Spin menjadi mulai Rp 148,2 juta hingga Rp 203,2 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement