Kamis 23 Jan 2014 18:15 WIB

Toyota Pertahankan Gelar Produsen Mobil Terbesar Dunia

LCGC Toyota Agya
Foto: antaranews
LCGC Toyota Agya

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Toyota pada Kamis mengatakan telah melampaui saingannya General Motors dan Volkswagen pada tahun lalu, untuk mempertahankan gelar produsen mobil terbesar di dunia dengan penjualan 9,98 juta kendaraan.

Raksasa otomotif Jepang itu membukukan volume penjualan tahunan tertinggi selama ini, dengan hasil itu mengindikasikan pihaknya telah pulih dari serangkaian penarikan karena cacat produksi dan bencana gempa-tsunami Jepang pada 2011 yang merugikan.

Angka-angka datang setelah GM yang berbasis di AS mengatakan menjual 9,71 juta mobil pada tahun lalu, sementara Volkswagen Jerman mencatat penjualan tahunan sebesar 9,5 juta kendaraan.

Toyota memecahkan kekuasaan GM selama puluhan tahun sebagai pembuat mobil terbesar dunia pada 2008, tetapi kehilangan mahkota tiga tahun kemudian karena bencana alam memukul produksi dan mengganggu rantai pasokan produsen mobil Jepang.

Pada 2012, Toyota sekali lagi menyalip saingan AS, yang menjual Chevrolet dan merek mewah Cadillac.

Pada Kamis pembuat sedan Camry dan Prius hybrid itu mengatakan berharap tahun ini menjadi pembuat mobil pertama yang pernah menembus batas penjualan 10 juta kendaraan.

Angka-angka mengakhiri kembalinya Toyota, yang telah mengatakan mereka mengharapkan laba bersih 1,67 triliun yen (16,02 miliar dolar AS) pada tahun fiskal hingga Maret berkat pelemahan tajam yen dan meningkatnya penjualan di Amerika Utara.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement