Rabu 27 Nov 2013 17:59 WIB

Isi Baterai 15 Menit, Taksi Ini Dapat Menempuh 200 Km

Taksi EVA
Foto: Gizmag
Taksi EVA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taksi EVA diklaim dapat menempuh 200 km hanya dengan mengisi ulang baterainya selama 15 menit.

Prototipe kendaraan ini diciptakan oleh TUM Create yang berkolaborasi dengan Technische Universitat Munchen dan Nanyang Technological University Singapore.

Saat yang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2013 tersebut juga terinspirasi dari tipikal taksi di Singapura yang selalu menghidupkan pendingin udara.

Salah satu yang menyebabkan hematnya baterai taksi ini adalah bobot bodi ringan yang terbuat dari serat karbon polimer (CFRP).

Taksi ini juga memiliki sistem pengendalian panas unik karena mampu membuat baterai 450 volt-63 Ah tetap dingin ketika dilakukan pengisian ulang secara cepat.

Sistem pendingin udara yang dikhususkan kepada penumpang secara individu, membuat taksi ini semakin hemat. Karena tidak harus mendinginkan seluruh kabin mobil. Selain itu, kerja pendingin udara berkurang karena kursi yang dapat menghisap panas dan kelembaban.

Prototipe lima pintu ini memiliki empat kursi dan sejumlah fitur kemudahan digital. Ia juga dapat berakselerasi 0-100 km/j dalam 10 detik dan kecepatan maksimal 111 km/j.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement