Kamis 12 Sep 2013 08:46 WIB

Ini Mobil Pribadi Paus Francis

Paus Francis bersama dengan Renault4 pemberian Pastur Italia bernama Renzo Zocca
Foto: AFP
Paus Francis bersama dengan Renault4 pemberian Pastur Italia bernama Renzo Zocca

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paus Francis mengejutkan Vatikan dengan memilih Renault4 berumur 29 tahun sebagai kendaraan pribadinya. Catholic News Agency melaporkan, kendaraan yang telah menempuh jarak 186 ribu mil itu disumbangkan oleh pastur Italia bernama Renzo Zocca. 

Awal tahun ini, Zocca menulis surat kepada Paus dan menawarkan untuk mendonasikan mobil yang telah digunakannya selama puluhan tahun ketika bekerja di lingkungan miskin di Verona. Mobil itu menjadi simbol kepeduliannya dalam melawan kemiskinan.

Sebulan lalu, Francis menelepon Zocca dan memintanya untuk mendokasikan mobil itu kepada orang yang lebih membutuhkan. "Saya menjawab kalau mobil ini telah memberikan banyak untuk orang miskin dan sekarang harus diberikan kepada paus," ujar Zocca seperti dilansir Yahoo Autos, Kamis (12/9).

Zocca pun kemudian mengantarkan Renault4 yang memiliki kecepatan maksimal 34 hp itu kepada Paus yang langsung naik ke belakang kemudi. Ia bilang, pernah mengendarai model yang sama ketika tinggal di Argentina. Mobil itu pun tidak pernah mengecewakannya.

Seorang Swiss Guard menyatakan kekhawatirannya akan menjadi polisi lalu lintas karena adanya mobil itu. "Sekarang kita akan menjadi sedikit khawatir karena harus menyaksikan apa yang akan Paus Francis lakukan dengan Renault4 itu," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement