Rabu 04 Sep 2013 14:18 WIB

Ke Seattle, Dahlan Penasaran Soal Gearbox di Mobil Tesla

Mobil listrik di charge (ilustrasi)
Mobil listrik di charge (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Dahlan Iskan mengunjungi diler mobil listrik Tesla Motors, Inc di kawasan Seattle. Ia ingin membandingkan penggunaan gearbox atau sistem transmisi pemindah tenaga mobil listrik yang dikembangkannya di Tanah Air. "Ternyata mobil Tesla yang saya lihat ini menggunakan gearbox," kata Dahlan, Rabu (4/9).

Dahlan berada di Seattle, dalam rangka memenuhi undangan perusahaan pembuat pesawat terbang Boeing. Namun di sela kunjungan kerja tersebut, ia menyempatkan diri melihat secara langsung mobil listrik Tesla yang dipajang di salah satu diler di kota yang menjadi pusat industri pesawat Boeing, perusahaan teknologi informasi Microsoft, dan Starbuck tersebut.

Tesla adalah mobil listrik paling laris di AS dengan penjualan yang ditargetkan mencapai 25 ribu unit pada 2013. Begitu larisnya, pelanggan pun harus menunggu enam bulan untuk dapat memiliki mobil tersebut. Ini lantaran Tesla hadir dengan desain bagus, interior cantik dan layar 15 inci. Baterai Tesla juga bisa menempuh jarak 200 km untuk sekali pengisian.

Salah satu produk mobil listrik Tesla yang dipajang adalah sedan empat penumpang berwarna merah. "Yang menarik perhatian saya adalah apakah benar semua mobil listrik di AS tidak menggunakan gearbox, seperti mobil listrik generasi pertama yang saya tabrakkan ke tebing di daerah Sarangan, Magetan beberapa waktu lalu itu," ujar Dahlan.

Belum puas dengan detil pada gambar yang dipajang di samping mobil tersebut, Dahlan penasaran untuk menanyakan langsung kepada petugas yang kebetulan ada di ruangan tersebut. "Petugas menjawab tegas, bahwa mobil itu menggunakan gearbox. Tujuannya untuk pengendalian mobil saat menghadapi jalan yang curam," ujar Dahlan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement