Selasa 16 Jul 2013 18:35 WIB

Datsun GO Mulai Dijual Tahun Depan

Datsun GO
Foto: foxnews
Datsun GO

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Setelah sempat 'mati suri' selama 30 tahun lebih, merek Jepang Datsun kini hidup kembali dengan model bernama GO, hatchback mungil lima pintu bermesin 1,2 liter bensin.

GO diperkenalkan secara resmi pada Senin (15/7) di kota Gurgaon, tak jauh dari New Delhi.

Datsun GO akan mulai dijual di India awal tahun depan, dan rencananya  akan dijual di Rusia, Afrika Selatan dan Indonesia beberapa tahun mendatang, demikian menurut Bos Nissan Motor Co. Carlos Ghosn, Senin. Datsun GO menurut Ghosn akan dijual di India dengan banderol kurang dari 400 ribu rupee.

Seperti dilaporkan AFP, Datsun GO akan langsung bersaing secara sengit di pasar otomotif India yang saat ini dikuasai Maruti Suzuki.

Situs Cardekho menulis Datsun GO menggunakan mesin yang sama dengan Nissan Micra, demikian pula platform dan wheelbase-nya sama. Transmisinya adalah 5-speed manual dengan panjang 3.785mm dan wheelbase 2.450mm. Nissan adalah pemilik merek Datsun yang pada tahun 1981 menonaktifkan merek tersebut.

Datsun GO menurut Cardekho juga punya mobile docking system untuk koneksi smartphone. Di India, Datsun GO akan diproduksi di Chennai.

Meski nama Datsun masih cukup melekat kuat di benak konsumen, sejumlah pengamat otomotif meragukanGO bakal langsung melesat sukses, mengingat persaingan pasar yang cukup berat.

"Mungkin produknya bagus tapi persaingannya akan berat, mereka sebenarnya mulai dari nol di segmen ini," ungkap pengamat otomotif India, Deepesh Rathore kepada AFP.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement