Selasa 16 Jul 2013 07:27 WIB

Datsun Kini Muncul Lagi

Mobil Datsun GO
Foto: motortrend
Mobil Datsun GO

REPUBLIKA.CO.ID,NEW DEHLI -- Merek mobil Jepang Datsun lahir kembali setelah "tidur" selama 30 tahun lebih. Datsun kini lahir di India dengan model bernama GO, hatchback mungil lima pintu bermesin 1,2 liter bensin.

Bos Nissan Motor Co. Carlos Ghosn pada hari Senin memperkenalkan Datsun model pertama itu di kota Gurgaon, tak jauh dari New Delhi. Nissan adalah pemilik merek Datsun yang pada tahun 1981 menonaktifkan merek tersebut.

Datsun GO akan mulai dijual di India awal tahun depan. India adalah pasar terbesar untuk kendaraan mungil. Ghosn, seperti dikutip dari AFP, mengemukakan kendaraan itu juga akan dijual di Rusia, Afrika Selatan dan Indonesia beberapa tahun mendatang.

Datsun GO ditujukan untuk negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Harga Datsun GO di India menurut Ghosn kurang dari 400 ribu rupee (sekitar 6.700 dolar AS).

Ghosn juga mengatakan dalam beberapa tahun mendatang pihaknya menargetkan 60 persen penjualan global didapat dari negara yang pertumbuhan ekonominya tinggi seperti India, Indonesia, dan Rusia.

Namun, pengamat otomotif India Deepesh Rathore kepada AFP mengemukakan "Mungkin produknya bagus tapi persaingannya akan berat, mereka sebenarnya mulai dari nol di segmen ini,'' katanya.

AFP menulis bahwa Datsun GO akan langsung bersaing secara sengit di pasar otomotif India yang saat ini dikuasai Maruti Suzuki. Situs Cardekho menulis Datsun GO menggunakan mesin yang sama dengan Nissan Micra, demikian pula platform dan wheelbase-nya sama.

Transmisinya adalah 5-speed manual dengan panjang 3.785mm dan wheelbase 2.450mm. Datsun GO menurut Cardekho juga punya mobile docking system untuk koneksi smartphone. Di India, Datsun GO akan diproduksi di Chennai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement