Rabu 26 Jun 2013 19:24 WIB

Audi A5 Sportback, Mendarat di Jakarta

Rep: niken paramitha/ Red: Taufik Rachman
 Audi A5 Sportback,
Audi A5 Sportback,

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Satu lagi mobil kelas premium masuk ke pasar Indonesia. Kali ini giliran PT Garuda Mataram Motor (GMM) yang merilis Audi A5 Sportback, Rabu (26/6). Didesain dengan model empat pintu, Audi A5, ditujukan bagi kaum muda yang tidak hanya ingin tampil mewah tapi juga peduli keluarga.

"Biarpun kemasan dari luar terlihat kompak tapi didalem sangat lapang," kata Andrew Nasuri, CEO GMM di sela peluncuran Audi A5 di Plaza Indonesia, Jakarta.

Di negara asalnya, Audi A5 sudah menggunakan mesin standar euro 5. Tapi di Indonesia, mobil sport yang diimpor utuh (CBU) dari Jerman ini menggunakan mesin standar euro 2. Jauh lebih rendah dibanding aslinya. Hal ini menurut Andrew karena kadar bensin yang cocok dengan Indonesia adalah mesin standar euro 2. "Upaya penurunan kadarnya sudah diatur oleh desainer Audi," katanya.

Meski begitu, ada beberapa perubahan yang dibawa pada mobil sport ini. Diantarnya, Audi A5 dilengkapi dengan fitur Audi drive select, Audi Hold Assist, Assistance System dan tentunya sistem pengamanan yang canggih.

Audi drive select memungkinkan pengendara mengatur beberapa elemen dalam satu sistem yang terintegrasi dengan power steering, engine management, automatic transmission, suspension dan automatic air conditing. Semua kondisi ini diatur kedalam tiga mode pilihan, confort, auto dan dynamic.

"Comfort, lebih irit bensin pembakaran lebih sedikit. Dinamik untuk lebih responsif, tidak hanya mesin tapi juga setir dan suspensi," kata Krisna Aditia Aristan, Training and Development Departmen GMM.

Sedangkan fitur hold assist berguna untuk menghindari kendaraan menggelinding pada saat berhenti di permukaan miring. Fitur ini, juga memudahkan pengendara saat terjebak dalam kemacetan.

Dijantung kendaraan, Audi A5 dibekali dengan mesin berkapasitas 2.0 liter dan teknologi turbo charge 4 silinder. Mesin ini mampu menyumbangkan tenaga sebesar 225 horse power pada rpm 4.500-6.250 rpm dengan torsi maksimum sebesar 350 Nm.

Pada rentan rpm 1.500-4.500 rpm, Audi A5 Sportback mampu berakselerasi dalam 7,2 detik dari 0-100 kilometer per jam. "Performa luar biasa tapi juga memikirkan efisiennsi," kata Andrew.

Soal harga? Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Karena Audi anyar ini dihargai sebesar Rp 885 juta (on the road). Dengan pilihan warna hitam, putih, silver, dan teak brown. "Tidak menutup kemungkinan untuk pemesanan warna lainnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement