Jumat 31 May 2013 14:13 WIB

Bus Listrik Indonesia Siap Antar Delegasi APEC di Bali

Bus listrik buatan Indonesia untuk mengantar delegasi APEC di Bali
Foto: antara
Bus listrik buatan Indonesia untuk mengantar delegasi APEC di Bali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bus listrik buatan dalam negeri akan mengantar delegasi Pertemuan "Asia-Pacific Economic Cooperation" (APEC) di Bali pada Oktober 2013.

"Kami merencanakan para pejabat dari negara lain harus menggunakan mobil atau bus listrik," kata Menteri Riset dan Tekhnologi Gusti M. Hatta setelah rapat dengan Komisi VII DPR di Jakarta, Kamis (29/5).

Menurut Gusti, kementeriannya menyiapkan delapan bus listrik yang akan digunakan sebagai moda transportasi para delegasi APEC 2013.

Gusti menjelaskan bus sedang dirakit oleh PT Sarimas Ahmadi Pratama yang dipimpin oleh Dasep Ahmadi di Bekasi, Jawa Barat. Perusahaan Dasep masih memproduksi unit bus listrik secara terbatas.

Kemenristek masih melakukan penelitian terhadap baterai sebagai sumber tenaga bus listrik tersebut. "Untuk menciptakan baterai dengan ukuran yang kecil namun menghasilkan daya besar," ujar Gusti.

Dia menegaskan tekhnologi kunci mobil listrik telah dikuasai oleh sejumlah perakit mobil listrik di Indonesia yang terdiri dari tekhnologi pembuatan chasis, sistem elektronik dan instrumen pengisi daya baterai.

Gusti berharap seluruh komponen hingga unit kendaraan listrik buatan anak negeri dapat diproduksi massal di Indonesia pada 2015.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement