Senin 22 Apr 2013 21:37 WIB

Wapres Ingin Produsen Bikin Mobil Murah

Wakil Presiden RI, Boediono
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Wakil Presiden RI, Boediono

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Wakil Presiden Boediono mengharapkan produsen otomotif di Indonesia menciptakan kendaraan murah dan ramah lingkungan untuk memenuhi segmen antara kendaraan roda dua dan roda empat.

"Saya berharap produsen di Indonesia jangan kalah saing. Bila perlu Indonesia lebih cepat dan ke luar sebagai pemenang dalam menciptakan kendaraan murah namun ramah lingkungan karena produsen otomotif di dunia tengah berlomba menciptakan kendaraan tersebut," ujar Boediono di Karawang, Jawa Barat, Senin (22/4).

Boediono menilai bisa menciptakaan kendaraan ini karena banyak tersedia tangan-tangan terampil yang siap dilatih. "Apalagi, tenaga kerja Indonesia terbilang ekonomis dan terampil dibanding tenaga kerja di negara lain. Selain itu, ruang untuk pengembangan otomotif di Indonesia terbuka luas," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, pertumbuhan kendaraan bermotor harus diimbangi dengan kapasitas jalan agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan. "Semoga Astra Daihatsu Motor bisa terus memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan," kata Heryawan.

Sebelumnya, PT Astra Daihatsu Motor membuka pabrik perakitan kendaraan baru di Karawang Timur, Jawa Barat, Senin (22/4).

"Pabrik seluas 7 hektare yang berdiri di atas lahan 94 hektare ini memiliki nilai investasi lebih dari Rp 2,1 triliun," ujar Presiden Direktur ADM Sudirman M.R.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement