Sabtu 09 Mar 2013 22:45 WIB

Bisa Menyala Sendiri, Subaru Tarik 47 Ribu Unit Kendaraan

Subaru Legacy
Foto: Autoweek
Subaru Legacy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kejadian paling aneh di tahun ini mungkin terjadi pada Subaru. Belum lama ini, pabrikan itu mengumumkan menarik sekitar 47 ribu kendaraannya. Alasannya, karena mobil-mobil itu bisa menyala sendiri.

Bagi mobil yang diparkir di garasi, ini bisa jadi masalah serius. Karena asap knalpot yang dapat membuat racun karbon monoksida. 

Model yang di-recall mulai dari sedan Legacy dan wagon Outback keluaran 2010-2012. Kemudian Impreza 2012 dan Crosstrek 2013. 

Seperti dikutip dari Inautonews, fenomena ini diketahui berdasarkan sebuah laporan dari Subaru kepada National Highway Traffic Safety Administration. Laporan itu juga menyatakan, semua model itu memiliki teknologi continuously variable automatic transmission. 

Masalah baru muncul di kendaraan yang dilengkapi dengan pengendali untuk menyalakan kendaraan dari jarak jauh. Pengendali yang diproduksi oleh Audiovox itu membuat pengendara dapat menyalakan kendaraan hanya dengan menekan tombol. Tanpa harus ada di dalam kendaraan.

Menurut Subaru, jika pengendali itu dapat rusak ketika terjatuh. Bahkan, kemudian dapat menyalakan kendaraan tanpa tombol itu tersentuh.

"Jika itu terjadi ketika mobil tengah diparkir di area tertutup, seperti garasi, maka muncul kemungkinan keracunan karbon monoksida. Sehingga dapat membahayakan keselamatan jiwa," ujar pihak Subaru.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement