Jumat 22 Feb 2013 00:37 WIB

Adopsi Teknologi Baru, Bobot Mobil Honda Lebih Ringan

Teknologi Join Steel and Alumunium pada panel pintu luar mobil Honda
Foto: Worldhonda.com
Teknologi Join Steel and Alumunium pada panel pintu luar mobil Honda

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Honda Motor mengumumkan telah mengembangkan teknologi 'Join Steel and Alumunium'. Yaitu, untuk memadukan penggunaan baja dengan aluminium pada produksi panel pintu luar mobil. 

Dalam siaran persnya, teknologi baru ini diklaim akan membuat bobot mobil menjadi lebih ringan. Sehingga membuat performa mobil menjadi lebih dinamis dan membuat mobil dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar.

Pada produksi dengan sistem konvensional, lapisan dan luar panel pintu menggunakan materi dari baja. Dengan teknologi baru ini, lapisan luar panel pintu diganti menjadi alumunium. Sedangkan lapisan dalam tetap menggunakan baja. 

Keuntungan teknologi baru ini yaitu menghilangkan proses pengelasan. Juga tidak memerlukan proses yang khusus. Lini produksi pun dapat mengakomodasi teknologi baru ini dengan cepat dan mudah.

Teknologi baru ini juga mengurangi berat pintu panel sekitar 17 persen dibandingkan model konvensional. Penyusutan berat kendaraan juga memungkinkan untuk memberikan stabilitas dalam bermanuver. Sehingga membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar pada kendaraan.

Honda akan mengadopsi teknologi ini pertama kali di kawasan Amerika Utara. Yaitu untuk generasi terbaru Acura RLX yang akan dirilis pertama kali di Amerika Serikat pada Maret 2013. 

Honda secara bertahap akan memperluas pengaplikasian teknologi ini pada model lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement